Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Pemerintah Kabupaten Badung tidak henti-hentinya mendukung dan membantu segala pembangunan yang dilaksanakan masyarakat. Komitmen tersebut diwujudkan melalui bantuan dana hibah yang nilainya mencapai miliaran rupiah.

Salah satunya saat Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa menghadiri piodalan di Pura Desa lan Puseh Desa Adat Kuwum Nyelati, Mengwi, Jumat (12/5/2017) lalu sekaligus menyerahkan bantuan dana hibah sebesar Rp 3 M lebih untuk pembangunan di desa adat Kuwum Nyelati. Hibah yang diserahkan sebesar Rp 2 M untuk pembangunan Pura Dalem dan Rp 1,4 M untuk karya ngusaba dalem di banjar adat Kuwum.

Selain menyerahkan hibah, Wabup Suiasa juga mengukuhkan dan menyerahkan Surat Keputusan Bendesa Adat Kuwum Nyelati yag baru yakni I Wayan Regep dan Kerta Desa Adat Kuwum Nyelati. Kehadiran Wabup. Suiasa didampingi sejumlah anggota DPRD Badung, Camat Mengwi serta tokoh masyarakat Kuwum.

Menurut Bendesa Adat Kuwum Nyelati I Wayan Regep yang juga sebagai anggota DPRD Badung didampingi Kerta Desa, menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas kehadiran Bapak Wakil Bupati ditengah-tengah pelaksanaan pujawali di Pura Desa lan Puseh Kuwum, yang sekaligus menyerahkan dana hibah kepada masyarakat.

Baca Juga :  Wali Kota Jaya Negara ‘Ngaturang Bhakti Pujawali’ di Pura Luhur Uluwatu

Regep menyampaikan bahwa, pihaknya telah menyusun berbagai program pembangunan di desa adat Kuwum Nyelati. Mulai dari rencana ngusaba dalem di banjar adat kuwum pada 19 Juli 2017 yang akan datang.

Selain itu rencana pembangunan di pura dalem di banjar adat nyelati, mengadakan seperangkat gong semarandana untuk sanggar seni linggarcana. Rencana lainnya, membangun sanggar seni, salon desa, rest area. Kedepan desa adat kuwum nyelati akan mengembangkan wisata desa, rencana ini sudah didukung adanya badan jalan melingkar di pinggir sungai yeh sungi. Wisata ini akan menyuguhkan pesona “giri mulia” dengan wisata desa “alam dedari”.

Baca Juga :  Bulan Ramadhan dan Hari Paskah, The Nusa Dua Siapkan Penawaran Menarik

Untuk di pura desa akan diperbaiki bale peselang dan puwaregan, juga rencana membangun TK Hindu, taman bumi banten, dengan menanam tanaman upakara. Pasar desa adat kuwum nyelati, juga rencananya dibangun.

“Kami atas nama krama desa adat kuwum nyelati akan siap menjalankan Pola Pembangunan Nasional Semesta Berencana (PPNSB), sehingga kami menjadi contoh program badung kedepan,” jelasnya

Wabup. Suiasa sangat mendukung program kegiatan yang akan dilaksanakan desa adat kuwum nyelati. Untuk mewujudkan desa wisata, pemerintah akan menurunkan tim untuk mengkaji dan membuat DED terkait hal tersebut. Sementara penyerahan dana hibah ini merupakan wujud dukungan pemerintah bersama DPRD Badung untuk suksesnya pembangunan di desa maupun desa adat.

Baca Juga :  Apresiasi Usaha Pelindungan Bahasa Bali oleh Balai Bahasa, Sekda Dewa Indra Sebut Pemprov Bali Komit Menjaga Bahasa Bali

Hal ini juga sebagai implementasi dari skala prioritas program pembangunan badung, salah satunya dalam melestarikan dan mengembangkan seni, adat, agama dan budaya di masyarakat, karena akar dari pelestarian seni budaya adalah masyarakat banjar, desa dan desa adat itu sendiri.

Untuk itu Wabup. Suiasa mengharapkan seluruh masyarakat selalu menjaga kekompakan, persatuan dan kesatuan serta mendukung program pemkab badung yang muaranya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Badung. (humas-bdg/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News