Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Sosok Alm. Prof. Dr. I.B Mantra sebagai tokoh penting dibalik berdirinya Fakultas Sastra Universitas Udayana (UNUD) cabang dari Universitas Airlangga Surabaya yang diresmikan tanggal 29 September 1958. Peran penting Prof. Mantra juga dapat dilihat dalam persiapan pendirian Universitas Negeri di Bali, dalam panitia persiapan pendirian UNUD yang ditetapkan melalui SK Menteri PTIP No.4 Tahun 1962.

Dari pendirian UNUD, Prof. Mantra juga memiliki ide yaitu umat Hindu agar dapat memelihara kepribadian kehidupan bangsa yang berakar pada kebudayaan dan dapat ikut berperan dalam kehidupan modern, penuh pengertian, saling menghargai serta hidup rukun dalam persaudaraan.

Melihat dedikasinya pada dunia pendidikan, serta sebagai sosok budayawan, dan sastrawan Fakultas Ilmu Budaya UNUD membuat patung diri Alm. Prof. Dr.I.B Mantra yang diresmikan bersama Walikota Denpasar, I.B Rai Dharmawijaya Mantra, Rektor Unud, Prof. Dr. dr. Ketut Suastika, Dekan Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Unud, Prof. Dr. Ni Luh Sutjiati Beratha serta disaksikan langsung keluarga besar Alm. Prof. I.B Mantra, Senin (8/5/2017) di aula Widya Sabha Mandala Prof.Dr. I.B Mantra.

Peresmian ini ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pembukaan selubung patung, yang juga tampak dihadiri Ny.Prof. Mantra, Ketua PKK Kota Denpasar, Ny. I.A Selly Mantra, Mantan Gubernur Bali, Dewa Made Beratha, serta Instansi terkait lainnya.

Baca Juga :  IPSI Tabanan Gelar Kejuaraan Pencak Silat

“Pendirian patung diri Prof. I.B Mantra tak terlepas dari perjalanan dan dedikasi beliau dalam pendirian UNUD menjadi sebuah kebahagian dan penghormatan yang nantinya dapat memberikan vibrasi dan motivasi proses belajar mengajar bagi kalangan mahasiswa dan seluruh civitas akademika UNUD yang memiliki kepribadian kehidupan berbangsa dan bernegara berakar kebudayaan dan ikut berperan dalam kehidupan modern,” ujar Dekan Fakultas Ilmu Budaya Unud, Prof. Dr. Ni Luh Sutjiati Beratha yang juga pemrakarsa pendirian patung diri Prof. Mantra.

Lebih lanjut dikatakan peresmian patung juga bertepatan dengan hari kelahiran Alm. Prof. Dr. I.B sebagai salah satu penghormatan kepada salah satu ilmuwan atau akademisi sekaligus Guru Besar UNUD yang sangat berjasa atas lahirnya UNUD.

Baca Juga :  Arus Lalin Macet Gara-gara Avanza dan Bus Tabrakan

Salah satu keluarga Alm. Prof. Mantra, DR. Ir. I.B Gede Wira Wibawa Mantra mengatakan atas nama keluarga besar Prof.Dr. I.B Mantra mengucapkan terima kasih serta mengapresiasi pembuatan patung diri Alm. Prof. Mantra yang diprakarsai  FIB Unud serta melalui proses yang panjang.

“Dengan adanya perwujudan patung ini kita diajak membaca ulang pemikiran beliau dalam menoreh benang-benang merah gagasan, menggelorakan taksu, jengah dan memberi atma perjalanan pemikiran tersebut,” kata Gus Wira.

Sementara, pembuat patung, Dr. Tjokorda Udiana Nindhia Pemayun mengaku pembuatan membutuhkan waktu hingga enam bulan dari bahan polikarbonat dan fiberglas. Pembuatan melibatkan enam orang tim terdiri dari I Ketut Adi Putra, Putu Satria Udayana Putra, Cok I. Puspawati Nindhia, I.A Dwita Krisna Ari, I Wayan Hendra, dan I Wayan Erguna. (ngurah/humas-dps/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :