Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM –  Subdit Kurikulum Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah, mengutus Tiurmaddalena Sirait, S.Pd., memantau jalannya Ujian Sekolah (SD) di Denpasar, Senin (15/5/2017).

Didampingi Kabid Pembinaan Pendidikan SD Disdikpora Kota Denpasar, Drs. Ketut Sudana, Tiurmaddalena Sirait melakukan pemantauan US di SDP Negeri Tulangampiang.

Sudana mengungkapkan, di Kota Denpasar, US tingkat SD sederajat diikuti 13.898 siswa tersebar pada 230 SD/MI, yaitu 168 SD negeri dan 62 SD swasta. Pelaksanaan US hari pertama di Kota Denpasar, secara umum berjalan tertib dan lancar.  “Kami belum menerima keluhan yang berarti dari UPT Disdikpora Kecamatan maupun sekolah,” kata Sudana.

Sudana menyebutkan, US tingkat SD masih dilaksanakan dengan sistem paper based test (kertas dan pensil). Mata pelajaran yang diujikan adalah Bahasa Indonesia pada 15 Mei, Matematika pada 16 Mei, Ilmu Pengetahuan Alam pada 17 Mei 2017.

Baca Juga :  Rai Mantra Pimpin Rakor Pelaksanaan APBD Triwulan II

Ketiga mata pelajaran tersebut disusun oleh tim penyusun di tingkat pusat dan tim penyusun soal di tingkat kota. Rinciannya, 75 persen soal UN SD ditetapkan oleh penyelenggara UN tingkat kota berdasarkan spesifikasi soal yang ditetapkan oleh BSNP. Sedangkan 25 persen soal lagi ditetapkan oleh BNSP dan berlaku secara nasional.

Pada hari keempat dilanjutkan dengan US dengan materi muatan lokal. Mata pelajaran yang diujikan adalah Ilmu Pengetahuan Sosial serta Pendidikan Kewarnegaraan pada 18 Mei, Agama dan Budi Pekerti serta Bahasa Inggris pada 19 Mei, dan hari terakhir diujikan Bahasa Bali dan PJOK pada 20 Mei 2017.

Baca Juga :  Kolaborasi First Media – Catchplay Hadirkan Sensasi Bioskop Di Rumah

‘’Khusus untuk enam mata pelajaran ini seluruh soalnya dibuat oleh tim penyusun soal Kota Denpasar,’’ jelasnya.

Pihaknya berharap hingga hari terakhir US dapat berjalan lancar, tidak ada permasalahan. ‘’Kami harapkan pihak sekolahlah yang berada di garda terdepan mengantisipasi potensi permasalahan yang ada,’’ tandasnya.

Tiurmaddalena Sirait mengaku puas dengan pelaksanaan US di SDP Negeri Tulangampiang yang menyelenggarakan US berintegritas. Dia mengatakan, apa yang dilakukan jajaran SDP Negeri Tulangampiang sudah sangat baik.

Pengawasannya sangat ketat dengan menerapkan sistem silang. Para pengawasnya berasal dari guru-guru sekolah lain dalam satu gugus. ‘’Pengawas ruangan tidak ada ngobrol, baca koran dan memainkan HP. Sementara siswa mengerjakan US dengan tertib dan bekerja mandiri. Hal ini penting ditekankan karena US bukan penentu kelulusan,’’ ujarnya.

Baca Juga :  Tim Yustisi Denpasar Kembali Menjaring 17 Orang Pelanggar Prokes

Kepala SDP Negeri Tulangampiang Gusti Ngurah Suteja, S.Pd., M.Pd., mengatakan, di sekolahnya US berjalan lancar dan tidak ada permasalahan kekurangan soal. Di sekolah ini tercatat 97 siswa yang mengikuti ujian. (tis/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :