Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa hadir dalam acara pengukuhan bendesa adat Sembung Sobangan masa bakti tahun 2017-2022 dan sekaligus penyerahan dana hibah sebesar Rp. 2 miliar kepada desa adat Sembung Sobangan, bertempat di Br Pempatan desa Sembung Sobangan, kec Mengwi, Jumat (26/5/2017) lalu.

Pada kesempatan tersebut Wabup. Suiasa didampingi anggota DPRD badung Nyoman Satria, Kadis Kebudayaan IB Anom Bhasma, Camat Mengwi I Gst Ngr Jaya Saputra, Majelis Madya Badung Ida Bagus Anom, tripika kec. mengwi, perbekel, bendesa adat dan tokoh masyarakat.

Ketua panitia I Wayan Kantra  melaporkan pergantian bendesa sembung sobangan lama I Nyoman Nuada dan digantikan bendesa yang baru I Made Arta. Bendesa yang lama sudah mengabdi selama 15 tahun, sebenarnya sudah selesai masa tugasnya bulan pebruari 2017. Karena ada kegiatan penting di desa sembung, baru pada awal bulan mei ini mulai perekrutan calon bendesa dan ada calon lima orang. Tanggal (12/5) dilangsungkan dengan pemilihan bendesa adat, dari 153 karang ayahan dari 4 banjar yang ada di desa sembung sobangan dengan 1000 pemilih dari umur 17 tahun keatas.

Dari pemilihan dengan cara pemungutan suara itu, yang mendapatkan suara terbanyak atas nama calon I Made Arta, dan pada saat itu dilanjutkan dengan menyusun prangkat prangkatnya seperti petajuh, penyarikan dan baga baga parahyangan, pelemahan dan pawongan. Dan pada hari Jumat (26/5) bendesa terpilih dan pengurus pengurusnya sebelum dikukuhkan/dilantik diadakan prosesi mejaya-jaya yang dipuput jero mangku khayangan tiga, dan pengukuhan/pelantikan oleh ketua majelis madya kab badung Ida Bagus Anom.

Baca Juga :  Workshop Jurnalistik, Komunitas Honda Bali Diharapkan Lebih Produktif

Wabup. Suiasa menyampaikan terima kasih atas terselenggaranya pemilihan bendesa adat sembung sobangan yang demokratis dan lancar. Atas nama pribadi dan pemerintah kab badung sangat berterima kasih kepada jero bendesa yang lama Nyoman Nuada sudah mengabdi menjalankan swadarma kelian desa di desa sembung sobangan dan mengabdi kepada pemerintah kab badung selama 15 tahun.

“Kami minta pengabdian bapak Nyoman Nuada dapat dilanjutkan oleh bendesa yang baru dalam upaya meningkatkan pelestarian seni, adat agama dan budaya khususnya di desa adat sembung sobangan, ” jelasnya.

Baca Juga :  Bank Mandiri dan AXA Mandiri Dukung Kembalinya Event Olahraga International ke Bali

Suiasa juga menyampaikan ucapan selamat kepada bendesa baru Made Arta, diharapkan dapat menjalankan swadarma di desa sembung sobangan dan di kabupaten badung, ini adalah sebuah pengabdian terhadap masyarakat dan desa.

“Kalau di desa adat sudah ada awig awig mari itu kita jalankan, dan jangan awig awig itu kita salah gunakan supaya awig itu tidak menjadi hancur. Perarem itu kita pakai untuk mengawali, dan jero bendesa yang baru jangan malu bertanya kepada mantan atau tokoh tokoh di desa maupun di pemerintah kabupaten,” tambahnya. (humas-badung/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :