Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Gempa bumi tektonik mengguncang wilayah selatan Pulau Bali, Minggu (30/4/2017). Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi terjadi pukul  21.33.50 WIB dengan kekuatan M=4,7. Episenter terletak pada koordinat 9,73 LS dan 114,93 BT, tepatnya di Samudra Hindia pada jarak 129 km arah barat daya Klungkung- Bali pada kedalaman 29 Km.

Informasi yang dilansir dari line bali siaga bencana menyebutkan, peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG menunjukkan bahwa wilayah Kuta dan Pulau Bali bagian selatan berpotensi mengalami guncangan dalam skala intensitas I SIG BMKG atau III MMI. Namun, sampai laporan ini dibuat (22.00 WIB) belum ada laporan dirasakan dari masyarakat setempat.

Baca Juga :  238 Calon Bintara Polri Tugas Umum dan 5 Bintara TI Dinyatakan Lulus

Diskripsi gempabumi dengan skala intensitas I SIG-BMKG menunjukkan bahwa guncangan dirasakan hanya oleh beberapa orang dan tidak menimbulkan kerusakan.

Gempa bumi selatan Bali ini termasuk dalam klasifikasi gempabumi berkedalaman dangkal akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempang Eurasia dengan mekanisme patahan turun (normal fault). Hingga laporan disusun pada pukul 22.00 WIB hasil monitoring BMKG menunjukkan belum terjadi aktivitas gempabumi susulan.

Hasil pemodelan tsunami yang dilakukan BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami. Untuk itu kepada warga di pesisir selatan Bali dan Jawa Timur dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. (*/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :