Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM  – Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Bali telah menyiapkan petunjuk teknis pelaksanaan penerimaan peserta didik baru (PPDB) SMA/SMK Negeri Provinsi Bali.

Hal ini terkait dengan beralihnya status SMA/SMK ke provinsi, maka secara teknis pengaturannya berada di wilayah provinsi. Termasuk di dalamnya penerimaan peserta didik baru SMA/SMK Provinsi Bali untuk tahun ajaran 2017-2018. Di mana untuk PPDB tahun 2017, dibuka empat jalur PPDB yang bisa dipilih oleh calon siswa SMA/SMK.

Demikian disampaikan Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Bali Dewa Gede Mahendra Putra, SH., MH., dalam konferensi pers, terkait mekanisme PPDB SMA/SMK Negeri Provinsi Bali Tahun Pelajaran 2017/2018, di ruang press room Biro Humas dan Protokol Setda Bali, Jumat (19/5/2017).

Lebih lanjut Dewa Mahendra menyampaikan, keempat jalur yang dibuka tersebut adalah jalur lingkungan lokal, jalur reguler, jalur keluarga miskin, inklusi dan kesetaraan serta jalur prestasi.

Keempat jalur tersebut telah memiliki mekanisme tersendiri dan dilakukan secara online. Dengan demikian diharapkan PPDB SMA/SMK Provinsi Bali akan memiliki prosedur yang jelas dan berjalan dengan transparan.

“Mekanisme PPDB ini saya harapkan disosialisasikan ke tengah masyarakat sehingga masyarakat tahu mekanisme pendaftaran. Jangan sampai terjadi praktek pungli ataupun pencaloan. Semua harus berjalan transparan dan akuntabel. Semua pihak juga saya harapkan turut mengawasi penerimaan siswa ini,” ujarnya.

Baca Juga :  Sat Binmas Polres Badung Latih Kemampuan Beladiri Satpam

Hal senada juga disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Bali yang diwakili Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Bali I Wayan Serinah.  Ia mengatakan, mekanisme PPDB akan dilakukan secara online untuk menghindari praktek percaloan maupun praktek pungli lainnya, sehingga penerimaan siswa akan benar-benar transparan dan akuntabel.

Lebih jauh Serinah merinci untuk PPDB tahun pelajaran 2017-2018 akan dibuka empat jalur seperti yang disampaikan diatas dengan mekanisme tersendiri.

Untuk jalur lingkungan lokal syarat utamanya adalah Kartu Keluarga sesuai dengan KK pada daerah/kota lokasi pilihan sekolah. Dasar seleksi penerimaan akan berdasarkan pada pertimbangan sekolah dengan penanggung jawab lingkungan sekolah dan pendaftaran untuk jalur ini dapat dilakukan mulai 19-21 Juni 2017.

Baca Juga :  Pemkot Denpasar Dijatah 364 Formasi CPNS di Tahun 2019

Untuk jalur prestasi, calon peserta didik memiliki sertifikat prestasi juara tingkat kabupaten/kota/provinsi maksimal 3 tahun terakhir dan dibuktikan dengan tes sesuai dengan prestasi yang dimiliki di sekolah masing-masing penerimaan.

“Siswa yang memperoleh prestasi internasional dan juara nasional wajib diterima,” ujarnya.

Sementara itu, untuk jalur keluarga miskin, inklusi dan kesetaraan, Sekdis Pendidikan menyampaikan bahwa jalur ini dikhususkan bagi calon peserta didik dari keluarga miskin lulusan dalam Provinsi Bali dan dibuktikan dengan surat keterangan dari kepala dusun/bendesa pakraman/kepala desa dan akan dilakukan pembuktian dengan kunjungan rumah. Khusus untuk jalur ini pendaftaran dapat dilakukan 15-17 Juni 2017.

Jalur yang keempat yaitu jalur reguler dimana sistem seleksi akan berdasarkan pada nilai Ujian Nasional. Calon peserta didik diharapkan melakukan pengajuan pendaftaran online dengan mengakses pada laman PPBD online 2017 Provinsi Bali pada alamat akses bali.siap-ppdb.com.
Untuk pilihan sekolah jenjang SMA calon peserta didik dapat melakukan pilihan maksimal tiga sekolah dalam kota/kabupaten atau lintas kota/kabupaten dalam lingkup Provinsi Bali dan tidak dapat mengubah pilihan sekolah dari SMA ke SMK.

Baca Juga :  Wakapolres Ajak Seluruh Elemen Menciptakan Pilkada Bali 2018 Aman Melalui Siaran Radio

Sedangkan untuk jenjang SMK, calon peserta didik dapat melakukan pilihan maksimal tiga sekolah dengan maksimal enam kompetensi keahlian. Pendaftaran jalur reguler dapat dilakukan dari  21-24 Juni 2017.

“Untuk pengumuman kelulusan, semua jalur PPDB akan diumumkan  secara bersamaan pada tanggal 1 Juli 2017 dan pendaftaran kembali pada tanggal 3-5 Juli 2017”, imbuhnya.

Diakhir penjelasan, Serinah mengajak seluruh komponen masyarakat untuk turut melakukan pemantauan terhadap pelaksanaan PPDB ini dan jika ada permasalahan silahkan melakukan pengaduan ke Dinas Pendidikan Provinsi Bali atau bisa melalui email admin.disdik@baliprov.go.id dan dapat juga  melalui media sosial. (humas-bali/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :