Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Rangkaian karya ngenteg linggih di Desa Adat Kabakaba, dihadiiri Wakil Gubernur Bali I Ketut Sudikerta. Hadir pula Ketua DPRD Bali N. Adi Wiryatama dan pajabat teras Pemprop Bali, serta Bupati Tabanan yang diwakili Asisten I Pemkab Tabanan Wayan Yatnanadi. Tak ketinggalan pula angggota DPR RI Made Urip, Muspika Kecamatan Kediri, Jro Bendesa Adat se-Kecamatan Kediri.

Kunjungan Wagub Bali disambut Jro Bendesa Adat Kabakaba Ketut Gede Artika, beserta penglingsir Puri Kabakaba AA Ngurah Surya Buana, dan sekitar 1.000 warga adat Kabakaba.

Baca Juga :  Gencarkan Pelestarian Adat, Seni dan Budaya, Bupati Sanjaya Buka Parade Ogoh-Ogoh se-Desa Adat Kota Tabanan

Manggala Prawartaka Karya Jro Bendesa Adat Kabakaba mengatakan, bahwa pembangunan pura puseh dimulai sejak delapan bulan yang lalu. Dilanjutkan dengan upacara karya agung ngenteg linggih balik sumpah lan pedudusan agung. “Pembagunan dan upacara tersebut menghabiskan dana Rp 300.016.000, yang diperoleh dari iuran warga, serta dari para donatur,” ujarnya.

Sementara Wakil Gubernur Bali berharap agar upacara ngenteg linggih berjalan lancar. Bagi warga yang melaksanakan karya supaya seguluk sebayan taka, dan dalam melaksanakan yadnya agar mengutamakan ajeg Bali.

Baca Juga :  Hadiri Upacara Melaspas lan Pasupati Ratu Ayu di Suci Puri Kediri, Bupati Sanjaya Apresiasi Semangat Masyarakat Membangun Yadnya

Dalam kesempatan itu Sudikerta juga mapunia Rp 10 juta untuk biaya upacara. Begitu juga dari Ketua DPRD Bali Rp 4.850.000 sebagai sarin canang.

Pada kesempatan yang sama, Kapolsek Kediri Kompol I Nyoman Sumarajaya menyampaikan rangkaian upacara ngenteg linggih di Pura Puseh Kabakaba. Terkait dengan acara dimaksud, Polsek Kediri mengantisipasi pengamananan, dengan melibatkan 10 personel.

“Pengamanan ini dengan mengedepankan peran bhabinkamtibmas dan babinsa, serta unsur pecalang di Desa Pakraman Kabakaba. Pengamanan jalur oleh sabhara, sehingga rangkaian upacara ngenteg linggih dapat berjalan aman dan lancar,” ujar Kompol Sumarajaya. (ita/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News