Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) dalam Sidang Paripurna DPRD Tabanan, Jumat (7/4/2017). Sidang tersebut dipimpin Wakil Ketua DPRD Tabanan, Ni Nengah Sri Labantari.

Dikatakan, tema pembangunan Kabupaten Tabanan tahun 2016, yaitu Memacu Sektor Hulu untuk Meningkatkan Ekonomi Kerakyatan Berbasis Desa. Hal tersebut sejalan dengan ekonomi kerakyatan, yakni ekonomi yang bersumber dari potensi utama Kabupaten Tabanan, di antaranya di bidang pertanian.

“Untuk memberikan kesempatan luas bagi masyarakat turut berpartisipasi dalam ekonomi kerakyatan, harus digerakkan mulai dari satuan wilayah administratif terkecil, yaitu desa,” ujarnya.

Berbagai program yang dicanangkan Pemkab Tabanan dikatakan tidak akan berdampak optimal, jika tidak diimbangi dengan pengelolaan keuangan daerah yang baik. Pada TA 2016, Pemkab Tabanan berupaya merangkai berbagai program yang diarahkan untuk meningkatkan kapasitas pengelolaan keuangan daerah.

Baca Juga :  UGM Kampus Terbaik di Indonesia Versi Webometric

“Untuk dilakukan supervisi setiap tahun anggaran terhadap kebijakan penyusunan APBD Kabupaten Tabanan, guna memberikan arah yang jelas dalam penggunaan dan pengelolaan keuangan daerah,” tandasnya.

Bupati Eka menjelaskan tentang tiga poin terkait dengan APBD 2016, yaitu pendapatan, belanja daerah, dan pembiayaan daerah. Realisasi pendapatan 2016 Rp 1,79 triliun atau 93,59 persen. Dari target yang ditetapkan Rp 1,9 triliun. Realisasi belanja daerah 2016 Rp 1,8 triliun atau sekitar 90,84 persen dari total belanja Rp 2 triliun lebih.

Dalam pembiayaan daerah, total realisasi pembiayaan 2016 Rp 146 miliar lebih atau sekitar 100,30 persen dari total pembiayaan 2016 Rp 146 miliar lebih.

Atas nama Pemkab Tabanan, Bupati Eka menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pimpinan dan anggota DPRD, FKPD, seluruh komponen masyarakat Tabanan, atas partisipasi dalam pelaksanaan berbagai program dan kegiatan pembangunan yang dilaksanakan Pemkab Tabanan selama 2016.

“Kami menyadari bahwa masih terdapat kekurangan dalam upaya mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan kemajuan Tabanan. Untuk itu, pandangan dan evaluasi dari pimpinan dan anggota dewan akan kami jadikan sebagai bahan kajian pada masa mendatang. Prestasi yang telah diraih, mari kita pertahankan dan tingkatkan,” harapnya. (ita/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :