Baliportalnews.com
Selalu terhubung dengan kami.

BALIPORTALNEWS.COM – Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Bali akan mendistribusikan soal ujian nasional kertas dan pensil (UNKP) untuk tingkat SMP/MTs ke masing-masing kabupaten/kota se-Bali, pada Sabtu, 29 April 2017 mendatang. Pelaksanaan UN SMP/MTs ini akan dilakukan mulai Selasa, 2 Mei 2017.

Kepala UPT Balai Pengembangan Teknologi Pendidikan dan Tugas Perbantuan (BPTP-TP) Disdik Provinsi Bali, Ni Made Metti Utami, menuturkan, sama seperti pendistribusian soal UNKP SMA/SMK, pendistribusian soal UNKP SMP/MTs sendiri akan mendapat pengawalan ketat petugas kepolisian. “Paket soal terdiri atas naskah soal, lembar jawaban UN, daftar hadir, dan berita acara,’’ jelas Metti Utami, Rabu (26/4/2017).

Baca Juga :  Reforma Agraria Summit 2024 Dilaksanakan di Bali, AHY Rekomendasikan Peserta Untuk Nikmati Keindahan Alam

Metti Utami menyebutkan, saat soal UNKP sampai di kabupaten/kota,  petugas hanya boleh mengecek jenis amplop dan menghitung koli. ‘’Koli boleh dibuka, untuk memastikan jumlah soal cukup. Karena jadwal pengiriman masih ada jeda sebelum ujian, kami harapkan bagi Disdikpora kabupaten/kota segera melapor jika terjadi kesalahan dan kekeliruan untuk segera diproses,’’ kata Metti Utami.

Metti Utami menegaskan, soal dijaga sangat ketat mulai dari percetakan hingga gudang penyimpanan, sampai nanti pendistribusian ke kabupaten/kota dan di sekolah. Bahkan untuk membuka soal, harus membuka beberapa segel yang terpasang dalam amplop. ‘’Hal itu yang menyulitkan seseorang mencuri soal ujian atau terjadi kebocoran sehingga kecil kemungkinan soal bisa beredar sebelum waktunya dan orang punya kunci jawaban,’’ katanya.

Baca Juga :  Wawali Arya Wibawa Hadiri Reforma Agraria Summit 2024, Juga Diserahkan 31 Sertipikat Elektronik Dari Kementerian ATR/BPN Kepada Pemkot Denpasar

UNKP SMP/MTs akan mulai dilaksanakan pada 2,3,4 dan 8 Mei 2017. Berdasarkan validasi data terakhir yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Bali, peserta UN tingkat SMP/MTs tahun 2017 ini berjumlah 66.684 peserta. Dengan rincian peserta UNBK SMP/MTs sebanyak 13.778 peserta dan UNKP SMP/MTs sebanyak 52.906 peserta.

“Jadwal UNKP dan UNBK sama,  namun perbedaanya pada pelaksanaannya.  UNBK dilakukan tiga sesi, sedangkan UNKP hanya satu sisi dimulai pukul 10.30 sampai dengan pukul 12.30” pungkasnya. (pra/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News