Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM –  Ogan Ilir yang merupakan salah satu kabupaten  yang terletak di Provinsi Sumatera Selatan akan menjadi tuan rumah putaran pembuka Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Rally 2017. Perlombaan ini sendiri rencananya akan berlangsung di Sirkuit Tanjung Senai pada 20 Agustus 2017 mendatang.

Beberapa waktu lalu, Direktur Rally dan Sprint Rally Ikatan Motor Indonesia (IMI), Rifat Sungkar yang juga didampingi Sekretaris Olahraga IMI Pusat, Poedio Oetojo, telah melakukan peninjauan terhadap Sirkuit Tanjung Senai sekaligus bertemu langsung dengan Ketua IMI Sumsel, Augie Bunyamin dan Ketua Harian IMI Sumsel, Barnas Bursyah.

Setelah melalui kesepakatan bersama, IMI menilai bahwa Ogan Ilir merupakan kawasan yang strategis untuk membuka ajang Kejurnas Rally 2017. “Lintasan sudah disurvei bersama-sama, baik oleh IMI Sumsel maupun oleh IMI Pusat. Lintasan sebenarnya saat ini sudah siap untuk digunakan, karena karakternya adalah perkebunan yang memang dirawat terus, hanya butuh pemeliharaan ringan seperti kebersihan lingkungan sekitar agar terus dijaga hingga hari perlombaan,” jelas Augie.

Tentunya, event ini dapat terselenggara berkat kerja sama serta dukungan penuh yang diberikan oleh Bupati Ogan Ilir. Menurut Barnas, Pelaksana Tugas Bupati Kabupaten Ogan Ilir, Ilyas Panji Alam, memiliki komitmen untuk menggalakan kembali rally nasional yang sempat jaya di tahun 90-an. “Saat wilayah Ogan Ilir waktu itu masih bernama Kecamatan Indralaya, daerahnya dikenal sebagai lokasi rally nasional selama bertahun-tahun dan kami ingin menghidupkan kembali rally di kabupaten Ogan Ilir. Setelah sepuluh tahun menjadi kabupaten, baru sekarang ada kesempatan untuk menggelar rally, jadi tentunya pihak bupati benar-benar mendukung kegiatan ini, karena selain itu juga, event otomotif seperti rally ini bisa memperkenalkan kabupaten Ogan Ilir kepada masyarakat di luar Sumsel.”

Baca Juga :  Wawali Arya Wibawa Tutup Gelaran Porsenijar Kota Denpasar Tahun 2024

Bagi Poedio sendiri, kehadirannya di Ogan Ilir adalah sebagai pengawas dan pembina yang telah berpengalaman di kancah rally. “Saya ke Sumsel lebih memerhatikan poin pelaksanaan Kejurnas Rally 2017, karena di tahun 90 hingga 2000-an saya pernah menjadi penyelenggara dan pelaksana event rally yang bekerjasama dengan IMI Sumsel,” tuturnya.

Sementara itu, Rifat mengungkapkan bahwa waktu penyelenggaraan yang berdekatan dengan HUT RI ke-72 diharapkan bisa menambah semangat dan motivasi para peserta. Ia mengatakan, “Harapannya adalah agar perlombaan ini bisa menjadi putaran pembuka yang baik dan juga bisa menyalurkan semangat-semangat positif dari para peserta, karena timing-nya yang tidak terlalu jauh dari peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia. Selain itu saya berharap agar Kejurnas Rally 2017 bisa membawa rally menjadi cabang olahraga yang lebih berkualitas dan semakin diminati.”

Baca Juga :  Puluhan Motor Honda Dapat Paket Service Hemat Jelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H

Ia menambahkan, “IMI juga berupaya agar antusiasme para peserta pada Kejurnas Rally 2017 bisa lebih meningkat, karena Kejurnas Rally 2017 juga membuka kelas Jeep. Kami mengajak seluruh penggemar otomotif yang ada di Sumsel yang selama ini banyak ikut di event offroad, agar bisa berpartisipasi pada Kejurnas Rally 2017. Ini merupakan langkah sosialisasi yang ingin kami suarakan bahwa rally juga membuka kelas Jeep.” (r/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News