Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Luar biasa. Program kreatif dan inovatif dilahirkan Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo, S.I.k, M.H.

Program itu adalah E-Siskamling. Program inovasi berbasis teknologi informasi ini mendapat apresiasi luar biasa dari Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur Irjen Pol Machfud Arifin saat peluncuran, belum lama ini.

Kapolres mengatakan, program inovasi E-Siskamling mempercepat kemajuan sistem modernisasi kamtibmas dalam upaya pemberdayaan peran masyarakat melalui strategi sinergi implementasi teknologi tepat guna.

E-Siskamling sendiri akan bekerja sebagai bentuk monitoring kegiatan ronda keamanan lingkungan oleh petugas patroli kepolisian maupun anggota Bhabinkamtibmas.

“Cara kerja sistem ini memiliki nilai tambah dalam mempermudah sistem penguatan harkamtibmas di lingkungan warga karena petugas kepolisian dapat memantau secara real time semua bentuk informasi dari petugas ronda maupun aktivitas pergerakan kegiatan ronda melalui QR – Barcode,” tuturnya.

Kini,  E- Siskamling rutin disosilisasikan lewat kegiatan  sarapan pagi gratis bersama warga dan tokoh masyararakat tiap Rabu pagi.

Baca Juga :  Tolak Pungli, Polisi ini Diberikan Penghargaan

“Kami merasa bangga bisa bertemu warga sumber sari melalui silaturahmi acara sarapan pagi ditempat ini. Niat kami disini ingin sejalan dengan harapan masyarakat Jember. Bisa saling bercengkerama untuk menyerap segala aspirasi warga,” tutur Kapolres.

Kapolres melanjutkan, menciptakan rasa aman dan nyaman itu bukan tanggung jawab polisi semata. Keamanan itu menjadi tanggung jawab bersama.

Partisipasi warga sangat penting dalam upaya menjaga stabilitas kamtibmas yang mantap di Jember. “Melalui Program E-Siskamling, kami mengajak masyarakat untuk lebih menggiatkan lagi kegiatan ronda keamanan di lingkungan masing-masing,” lanjut Kapolres.

Baca Juga :  Pentingnya Komunikasi untuk Anak Berkebutuhan Khusus

Untuk mengoptimalkan hal ini, Program E Siskamling akan membantu memonitor keaktifan petugas pos kamling saat melakukan perondaan keliling melewati rute yang dinilai memiliki potensi kerawanan. “Perlu kerjasama yang baik dalam menjaga keamanan agar kampung Kita bisa aman dan warga bisa tidur dengan nyaman,“ terangnya.

Melalui motto jujur, disiplin dan bertanggung jawab, membawa banyak kemajuan dan prestasi di wilayah hukum Polres Jember. Di antaranya, menurunnya angka kejahatan kekerasan seksual anak dan kekerasan terhadap perempuan.

“Alhamdulillah di Jember kejahatan kekerasan anak dan perempuan menurun,” ucap Kapolres.

Baca Juga :  Dealer Honda KPD Group Ajak Konsumen PCX Touring dan Gathering

Kapolres juga menuturkan rutin malakukan patroli yang bersinergi bersama TNI dan Pemkab Jember.Mantan Spri Kapolri pada tahun 2015 ini dikenal dekat dengan masyarakat juga Membuk pengaduan nomor Saber Pungli yang disebar kemasyarakat.

Perwira polisi yang pernah mengemban tugas Reserse di Polda Metro Jaya tersebut berharap masyarakat kian aktif menyampaikan informasi dan jangan takut mengadu jika ada masalah atau melihat kejahatan maupun pungli. “Kami mengajak peran serta masyarakat utuk aktif menginfokan ke Polres Jember,” tutup alumni Akpol Tahun 2000 tersebut. (znd/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :