Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Siapa yang tidak mengenal sosok seorang Inspektur Jenderal (Irjen) Pol. Dr. Drs. H. Ike Edwin, MH, MM, terutama warga Lampung, salah satu perwira tinggi (pati) di lingkungan Polri yang memiliki prestasi, loyalitas dan dedikasi yang cukup tinggi.

Pria asli Kampung Tanjung Raja Giham, Blambangan Umpu Kabupaten Way Kanan, Lampung, kelahiran Jakarta, 11 Desember 1961, merupakan lulusan Akademi Polisi (Akpol) Tahun 1985 dan memiliki pengalaman di Bidang Reserse.

Dalam rangka memperbaiki kinerja Kepolisian Republik Indonesia dibawah kepemimpinan Kapolri Jenderal Tito Karnavian, 4 Januari 2017, Irjen Pol. Ike Edwin kembali harus meninggalkan jabatannya sebagai Kasespimma Sespim Polri Lemdikpol untuk menduduki jabatan sebagai Staff Ahli Kapolri menggantikan, Irjen. Prof. Iza Fadri.

Selain sebagai perwira tinggi aktif di institusi Kepolisian, Dang Gusti Ike Edwin (sapaan akrab Ike Edwin-red) juga menjabat sebagai Perdana Menteri Kepaksian Pernong di Kerajaan Adat Paksi Pak Sekala Brak di Provinsi Lampung. Sosok yang cerdas, disiplin juga merakyat dan memiliki kepedulian yang cukup tinggi dengan sesama. Tak heran, jika tokoh adat dan tokoh masyarakat disana pun tak rela ditinggal Irjen Pol. Ike Edwin ke Jakarta.

Baca Juga :  Pj Gubernur Mahendra Jaya Harap Satpol PP Kedepankan Nilai Humanis dan Persuasif

Belakangan, anak dari pahlawan Pangeran Muhammad Bunyamin yang dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Tanjungkarang ini digadang-gadang bakal menjadi calon kuat Gubernur Lampung 2018 mendatang. Namun, suami dari Aida Sofina ini mengatakan, dirinya tidak akan maju, karena belum mendapat izin dari Kapolri dan masih aktif sebagai perwira tinggi dilingkungan Polri.

Beberapa Infomasi yang dihimpun BALIPORTALNEWS.COM penorehan tugas Dang Gusti Ike Edwin semasa berpangkat Brigadir Jenderal (Brigjen) Polisi selama mengabdi di Lampung di antaranya, program suara mendengar di TV Lampung untuk menyelesaikan konflik antar warga. Demi menerima laporan masyarakat dirinya pun sering berpindah kantor. Tak cukup sampai disitu, setiap Kamis memberikan waktu ruang untuk warga berkomunikasi bahkan hanya untuk sekadar berselfie.

Selain itu, Dang Ike Edwin berhasil menurunkan peringkat darurat narkoba dari peringkat ke-6 menjadi peringkat ke-15, Dang Ike Edwin juga disebut yang memperjuangkan Polda Lampung naik status dari Polda tipe B menjadi tipe A, angka kejahatan menurun, termasuk kasus begal.

Ike Edwin juga pernah tidur dan membawa bekal di Pura ketika ummat Hindu terancam, ramah dan kerap turun ke jalan ikut mengatur lalu lintas sekaligus menyapa warga Lampung, sehinga Dang Ike Edwin pun mendapat julukan “Pokemon” artinya Polisi Keren dan Modern.

Menghilangkan jarak antara masyarakat dengan polisi bahkan Dang Gusti Ike tak segan mengatakan bahwa dirinya merupakan babunya rakyat Lampung. Meski berpangkat Brigjen, Ike Edwin pun tak sungkan membelikan baju atau pakaian untuk pembantunya dan bahkan pernah mencari keberadaan mantan pembantunya selama 40 tahun hingga ketemu demi untuk menjaga silahturahmi agar tidak terputus. Karena baginya, pembantu merupakan bagian dari keluarganya.

Diketahui, Dang Gusti Ike Edwin merupakan keturunan berdarah biru dari daerah Provinsi Lampung, cucu dari almarhum H. Suhaimi bergelar Raja, Haji Bupati Pangeran Suhaimi. Ike secara langsung menerima tongkat kepemimpinan dari sang kakek dengan Raja Lampung bergelar Gusti Batin Raja Mangkunegara. Gelar Raja yang disandangnya merupakan tantangan berat baginya, karena kemanapun ia bertugas menjalankan kewajiban dari Negara yang diemban sebagai perwira tinggi Polri, sekaligus menjadi duta budaya daerah Lampung.

Baca Juga :  Kegiatan Spesial Selama Bulan Ramadhan di Pertamina Mandalika International Circuit

Tidak dipungkiri memang dari sikapnya yang arif dan bijaksana selalu bersahaja, tampil penuh wibawa, serta cakap dalam segala hal, mengambil dan menjaga tingkah laku dalam bentuk cerminan budaya, membuat ayah dari dua anak, sulung, Gusti Kanjeng Muhammad Gusti Saibathin (putra) dan si bungsu Gusti Ayu Puan Azizia (putri) ini disegani baik dari relasi, masyarakat dan rekan kerja, serta dihormati berbagai profesi. (znd/bpn)

Berikut beberapa jabatan yang pernah diemban Irjen Pol. Dr. Drs. H. Ike Edwin :

  • Kasat Ekonomi Ditreskrim Polda Metro Jaya
  • Kapolres Tanah Bumbu Polda Kalsel
  • Wadirreskrim Polda Metro Jaya (2005)
  • Kepala SPN Polda Metro Jaya
  • Kapolres Metro Jakpus Polda Metro Jaya (2008)
  • Kapowiltabes Surabaya Polda Jatim (2009)
  • Dirtipidkor Bareskrim Polri (2010)
  • Widyaiswara Madya Sespim Polri (2011)
  • Wakapolda Sulsel (2013)
  • Kapolda Lampung (2016)
  • Kasespima Sespim Polri (2016)

Pantau terus baliportalnews.com di :

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News