BALIPORTALNEWS.COM – Rasa nyaman dan kabin yang senyap terasa banget saat beberapa media koran di Bali, menjajal ketangguhan produk anyar Suzuki Ertiga Diesel Hybrid transmisi manual 5-speed, dalam test drive media dengan rute Denpasar-Gianyar-Denpasar yang digelar PT Sejahtera Indobali Trada (SIT), Rabu (1/3/2017).

Saat memasuki ruang kabin mobil Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) dengan fitur andalan Smart Hybrid Vehicle System (SHVS) dibantu Integrated Starter Generator (ISG) dengan tujuh seater ini, ruang kabin lapang yang lega plus fitur yang ada di bagian interior memberikan kesan wah yang dibenamkan dalam dashboard.

Test drive yang mengajak media cetak, bersama petinggi PT SIS dan PT SIT, serta sub dealer di Bali yang melewati jalanan padat yang macet, serta jalan tanjakan dan menurun ini, tak terasa saat menggunakan Ertiga Diesel Hybrid. Bahkan penggunaan mesin diesel yang sering terdengar berisik, ternyata di Ertiga Diesel Hybrid nyaris tak terdengar alias sunyi senyap.

Baca Juga :  Bali Alami Deflasi di Februari 2021

Dalam test drive ini, rombongan uji ketangguhan Ertiga Diesel Hybrid yang dipimpin Kepala Wilayah PT. Sejahtera Indobali Trada (SIT) Bali, Fie An; Direktur PT. Sejahtera Buana Trada (SBT) Group, Ariadi, dan Sales Manager PT SIT, Hadis Furqon, serta Kacab Sub Dealer di Bali, dan Komunitas Ertiga Club Indonesia (Erci) Bali, berangkat dari PT Sejahtera Indobali Trada, di jalan Teuku Umar barat, menuju Ubud, Gianyar.

Setelah rehat sejenak di restoran Wake, Keramas, Gianyar, rombongan test drive melanjutkan perjalanan menuju jalan By Pass IB Mantra-jalan By Pass Ngurah Rai, dan jalan tol Bali Mandara. Di jalan bebas hambatan ini, Ertiga Diesel Hybrid yang di gas pool dengan kecepatan 120 km/jam tak sedikitpun goyah alias tetap stabil. Di jalan-jalan macet yang dilewati, Ertiga Diesel Hybrid yang notabena mobil diesel pertama yang diluncurkan Suzuki di Indonesia ini, juga berhasil menunjukkan performanya.

Baca Juga :  Silaturahmi Komunitas ‘The Netizen Badung’ Bersama Wabup Suiasa

Pengendara maupun penumpang dengan nyaman berada di dalam kendaraan meskipun terjadi kemacetan parah. Tak hanya itu, fitur yang memanjakan juga tersedia dalam kendaraan ini, di mana selama berkendara jauh penumpang di baris kedua juga tak perlu lagi takut kehabisan energi baterai ponsel atau gadget, karena sudah tersedia socket listrik untuk men-charge ponsel maupun gadget.

Dari pengamatan, Ertiga Diesel Hybrid adanya emblem DdiS (Diesel Coomon Rail Direct) pada bagian samping, dan buritan menampilkan logo Hybrid dan Zdi. Selain itu, di bagian interior disajikan warna abu-abu pada dashboard dan jok bahan fabric warna beige.

Warna-warna cerah ini, terasa lega dan nyaman, belum lagi mata langsung tertuju pada dashboard bagian tengah karena adanya AC with Heater. Hebatnya lagi, dalam menjaga konsentrasi pengemudi juga dibenamkan audio steering wheel controls, yang berfungsi pengatur channel radio dan volume suara dengan kualitas suara yang cukup baik.

Baca Juga :  Keunggulan Wisata Pulau Bali, Memberikan Pengalaman Liburan yang Unik

Nah, untuk menyalakan mesin diesel commonrail 1.3-liter, ternyata memakai syarat. Kopling harus diinjak, setelah itu putar kunci kontak ke posisi ON. Selain itu, Ertiga Diesel Hybrid ini juga menyimpan fitur Start/Stop engine. Fitur ini, untuk membantu meningkatkan efisiensi bahan bakar, dan mengaktifkan fitur ini sangat mudah. Caranya pindahkan tuas transmisi ke posisi netral, dalam kondisi mesin menyala. Kemudian lepas pedal kopling dan secara otomatis mesin akan mati. Untuk menyalakan mesin tinggal injak pedal kopling.

Kepala Wilayah PT. Sejahtera Indobali Trada (SIT) Bali, Fie An, mengatakan, Ertiga Diesel Hybrid, yang akan diluncurkan di Bali, 9 Maret mendatang ini, diharapkan bisa mengakomodir keinginan dan kebutuhan konsumen akan kendaraan yang irit bahan bakar. (ngr/bpn)