BALIPORTALNEWS.COM – Mahasiswa Universitas Gadjah Mada terus menunjukkan partisipasinya di kancah internasional. Kali ini, empat mahasiswanya turut berpartisipasi dalam World Forum for Youth Leaders yang berlangsung di Taiwan, pada 8-13 Maret 2017 lalu.

Mereka adalah  Angelo Abil Wijaya (HI-FISIPOL), Yasinta Wahyu (FT), Dhia Aini (Fakultas Psikologi), dan Devi Lukita (FTP). Keempatnya berhasil terpilih mengikuti kegiatan yang diselenggarakan Tamkang University untuk mendiskusikan berbagai isu yang berkembang di dunia.

World Forum for Youth Leaders merupakan kegiatan rutin yang digelar oleh Tamkang University. Pada tahun ini, kegiatan diikuti 50 mahasiswa tingkat sarjana dan pascasarjana dari 7 universitas yang berasal dari 10 negara. Beberapa diantaranya adalah Inggris, Indonesia, India, Jepang, Korea, Malaysia, Rusia, serta Thailand.

Baca Juga :  UGM Loloskan Proposal Program Kreativitas Mahasiswa Terbanyak

“Kami berempat terpilih mengikuti World Forum for Youth Leaders setelah melewati proses seleksi berkas dan abstrak,” jelas Angelo, Senin (27/3/2017) di FISIPOL UGM.

Angelo mengatakan dalam forum ini setiap peserta berkesempatan untuk mempresentasikan hasil riset dan membahas sejumlah isu dunia. Antara lain terkait demokrasi, pemerintahan, energi, lingkungan, budaya, masyarakat, ekonomi, dan politik global.

“Masing-masing peserta mempresentasikan hasil riset selama delapan menit dihadapan audiens dan langsung diikuti sesi tanya jawab,” tuturnya.

Pada forum tersebut Angelo mempresentasikan paper berjudul “A New path Towards Modern Public Democray”. Dia menyampaikan tentang pentingnya keterlibatan generasi muda dalam diplomasi kontemporer. Menurutnya negara bisa memberdayakan pemuda dalam kegiatan diplomasi kontemporer.

Baca Juga :  PLN Siap Jalankan Stimulus Covid-19 untuk Dukung Pemerintah Pulihkan Ekonomi

Angelo mengaku mendaptkan banyak pengalaman dengan mengikuti kegiatan ini. Melalui kegiatan ini juga dapat meningkatkan kesadaran  generasi muda khususnya mahasiswa mengenai pentingnya peran mereka di masa depan. (ika/humas-ugm/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :