BALIPORTALNEW.COM – Tahun 2017 ini, pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) yang menyelenggarakan program paket C, diwajibkan ikut melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) seperti SMP juga SMA/SMK. Di Kota Denpasar, dari 11 PKBM sebanyak enam PKBM sudah siap menyelenggaran UNBK.

‘’Ke enam PKBM itu yakni, PKBM Saraswati, PKBM Niti Mandala Klub, PKBM Dharma Jati II, PKBM Home Schooling Primagama, PKBM Cemerlang dan PKBM Tunas Bangsa. Sementara lima PKBM lain yakni, PKBM Harapan Bangsa, PKBM Ganesha, PKBM Dharmawangsa, PKBM Ki Hajar Dewantara, dan PKBM Agung, masih menggunakan ujian nasional kertas dan pensil (UNKP). Enam PKBM untuk paket C itu menggelar UNBK tahun ini untuk kali pertama,” ujar Kabid Pembinaan PAUD dan PNF Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kota Denpasar, Made Merta, Rabu (15/3/2017).

Dia membeberkan, enam PKMB tersebut akan melaksanakan UNBK di enam sekolah yang memiliki fasilitas. Meliputi, SMK TI Bali Global Denpasar, SMAN 3 Denpasar, SMA Dyatmika Denpasar, SMAN 1 Denpasar, SMKN 1 Denpasar dan SMK Pembangunan Denpasar.

Merta menambahkan, jumlah peserta Ujian Nasional Kejar Paket C tahun ini sebanyak 378 orang siswa. Dimana 230 orang siswa dari enam PKBM mengikuti UNBK, sementara sisanya 148 siswa masih menggunakan UNPK. ‘’Untuk menguji kesiapan peserta Kejar Paket C mengikuti UNBK, akan diadakan simulasi UNBK pada 24-25 Maret mendatang,’’ pungkas Made Merta. (pra/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :

loading...