Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTLANEWS.COM – Setidaknya 250 pelajar SMK dari berbagai wilayah di Indonesia mengikuti lomba keterampilan siswa di Sekolah Vokasi (SV) UGM. Kompetisi berlangsung pada 28 Februari hingga 2 Maret di Kampus Departemen Teknik Mesin SV UGM.

Kompetisi ini merupakan bagian dari kegiatan Mechanical Fair ke-8 yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Mesin (HMTM) SV UGM. Kali ini mengangkat tema “Pengembangan Kualitas SDM di bidang IPTEK Untuk Menghadapi Persaingan Global” . Mechanical Fair dibuka secara resmi oleh dekan SV UGM, Dr. Wikan Sakarinto di tandai dengan pemukulan gong.

Baca Juga :  UGM Siap Lakukan KBM Bauran Bagi Seluruh Mahasiswa

Ketua panitia Mechanical Fair, Yusuf Rahmatullah menyebutkan lomba keterampilan siswa kali ini mempertandingkan tujuh kategori lomba. Antara lain otomotif, mechantronics, pemrograman CNC, Metrologi, CAD, welding dan LKTI.

“Melalui kompetisi ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi dan keterampilan siswa SMK dalam bidang-bidang yang dilombakan,” katanya Selasa (28/2/2017)  usai pembukaan Mechanical Fair.

Selain lomba keterampilan siswa, juga akan digelar acara seminar nasional pada 4 maret 2017 di University Club (UC) UGM. Seminar nasional mengusung tema “Kualifikasi Pengelasan dan Pengembangan Industri Mesin perkakas di Idnoensia”.

Sementara Ketua Departemen Teknik Mesin SV UGM, Lilik Dwi Setyana, S.T., M.T., menyampaikan apresiasi kepada seluruh peserta lomba yang tutut serta dalam kegiatan ini.  Menurutnya, lomba keterampilan siswa ini dapat menjadi tolok ukur SMK dalam mengetahui kompetensi siswa-siswanya.

Baca Juga :  BMPS Bali :  Jangan Kerdilkan Sekolah Swasta

Seperti tahun-tahun sebelumnya, disebutkan Lilik nantinya para pemenang lomba diberikan kesempatan untuk masuk SV UGM tanpa tes. Para pemenang dapat masuk melalui jalur Penerimaan Bibit Unggul (PBU) Berpretasi.

“Juara 1,2, dan 3 akan kami prioritaskan bisa diterima masuk lewat PBU Berprestaso di Departemen Teknik Mesin SV Ugm,” jelasnya. (ika/humas-ugm/bpn)