BALIPORTLANEWS.COM – Koordinator Kegiatan Kesejahteraan Sosial (K3S) Kota Denpasar sebagai mitra penanganan sosial Pemkot Denpasar yang tak terlepas dari upaya sinergitas program penanganan berbagai permasalahan sosial.

Keberadaan Penyandang Disabilitas atau Penyandang Cacat di Kota Denpasar menjadi perhatian Ny. I.A Selly Dharmawijaya Mantra selaku Ketua K3S Denpasar. Berbagi kasih mengunjungi langsung kediaman Penyandang Disabilitas serta memberikan bantuan menjadi kegiatan rutin K3S Denpasar.

Apalagi saat ini Pemkot Denpasar yang telah memiliki sebuah rumah berdaya bagi Penyandang Skizofrenia atau Orang Degan Gangguan Jiwa berlokasi di Jl. Hayam Wuruk Denpasar yang juga sebagai program sinergi pemberdayaan bersama.

Pada peringatan Hut Ke-229 Kota Denpasar tahun ini menjadi momentum khsusus Ny. Selly dalam berbagai kasih antar sesama Penyandang Disabilitas. Kehadiran Ny. Selly di Rumah Berdaya bersama Dinas Sosial Kota Denpasar pada Jumat (24/2/2017) bukan menjadi pertama kalinya. Pak Sutarka salah satu Penyandang Skizofrenia yang mengikuti berbagai aktivitas di Rumah Berdaya langsung menyapa kehadiran Ny. Selly.

“Ibu Selly Mantra terima kasih sudah hadir,” sambut Tarka, sembari melakukan aktivitas membuat dupa. Sambutan

Baca Juga :  Kapolsek Kediri Tekankan Netralitas dalam Pilkada Tabanan 2020

Tarka disapa langsung Ny. Selly dan bercengkrama terkait dengan kegiatan rutin Rumah Berdaya Denpasar.  Bantuan puluhan paket sembako diserahkan langsung Ny. Selly didampingi Plt. Kadis Sosial Ketut Likup yang diterima pengurus Rumah Berdaya Denpasar.

Menurut Ny. Selly setiap perayaan Hut Kota Denpasar menjadi moment penting dalam kegiatan berbagi kasih sesama Disabilitas. Ini bukan kegiatan kali pertama dilaksanakan, namun menjadi kegiatan rutin sehingga nantinya dapat memberikan motivasi kepada Disabilitas dalam menjalankan kehidupan sehari-hari.

“Jangan pandang mereka sebelah mata, namun lewat ruang kreativitas mereka mampu menunjukan kreativitas mereka,” ujar Ny. Selly.

Disamping itu Ny. Selly juga mengapresiasi berbagai kegiatan Disabilitas di Rumah Berdaya dengan kelompok usaha bersama yang telah dimiliki. Dari cuci motor, sablon, dupa, kaos, dan kegiatan pertanian organik. Sehingga dari kegiatan ini Ny. Selly mendorong kepada isntansi Pemkot Denpasar untuk dapat mengapresiasi hasil kegiatan kelompok usaha bersama Rumah Berdaya dengan membeli beberapa hasil-hasil kreativitas mereka.

“Kita juga bisa mencuci motor kita disini dengan para pekerja dari penyandang Skizofrenia,” ujar Ny. Selly.

Baca Juga :  AMSI Bali Dorong Media Optimalkan Sosialisasi Prokes

Kegiatan K3S Denpasar juga dijelaskan Ny. Selly juga memberikan ruang mengajak Disabilitas dan anak-anak panti asuhan nonton film bersama. Yang pada bulan depan nanti juga akan dilaksanakan kembali nonton bersama bioskop berbisik yang juga melibatkan peran serta Volunteer dari kalangan anak muda.

Disamping menyerahkan bantuan kepada Disabilitas, Ny. Selly juga menyerahkan sembako kepada ratusan RTM yang berada di empat kecamatan di Kota Denpasar.  (pur/humasdps/bpn)