BALIPORTALNEWS.COM – UJIAN Nasional (UN) 2017 tetap dilaksanakan setelah rencana moratorium dibatalkan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) sendiri telah memberikan kisi-kisi UN 2017 melalui laman http://un.kemdikbud.go.id.

‘’Para siswa kelas IX SMP/sederajat dan XII SMA/sederajat bisa bersiap menyiapkan materi yang akan diujikan dengan mengunduh kisi-kisi UN 2017 tersebut di internet,’’ jelas Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Bali, TIA Kusuma Wardhani, belum lama ini.

Dijelaskan, terdapat lima kategori kisi-kisi yang tersedia. Pertama, yakni untuk tingkat SMP/MTs. Kemudian kategori SMA/MA/SMTK/SMAK. Ketiga, untuk siswa SMK/MAK. Sedangkan dua kategori lainnya, yaitu untuk tingkat SMA-LB serta kisi-kisi Paket B dan Paket C.

Kisi-kisi UN tersedia untuk seluruh peminatan studi. Berdasarkan kisi-kisi, soal UN akan dibagi menjadi tiga bagian, yakni penguasaan pengetahuan dan pemahaman, aplikasi, serta penalaran.

Selanjutnya, kisi-kisi soal UN itu nantinya bisa dijabarkan oleh pihak sekolah ke dalam variasi soal-soal untuk mengukur kesiapan siswa menghadapi UN yang sesungguhnya.

Dengan adanya kisi-kisi soal UN itu, pihak sekolah punya pegangan yang jelas dalam mempersiapkan siswa-siswanya.

Baca Juga :  Maju ke Babak Regional, 2 Siswa Berprestasi Wakili Bali di Kompetisi AHM Best Student 2020 

’’Untuk mendapatkan rincian materi UN, siswa atau sekolah dapat dengan mudah mendapatkannya dengan cara mengunduh file yang tersedia di laman tersebut,’’ jelasnya. (tis/bpn)