BALIPORTALNEWS.COMWakil Bupati Badung I Ketut Suiasa menyerahkan sertifikat kepada 840 orang tenaga kerja permanen di sektor pariwisata yang lulus kompetensi di Ruang Kertha Gosana Puspem Badung, Selasa (29/11/2016).

Uji Kompetensi ini dilaksanakan di Kampus Mapindo Dalung Kuta Utara serta dilaksanakan selama 15 hari mulai tanggal 6 Juni s/d 24 Juni 2016. “Pelaksanaan kegiatan ini merupakan langkah antisipasi menghadapi arus globalisasi dan komunitas masyarakat ekonomi ASEAN,” kata Kadis Sosial dan Tenaga Kerja Kabupaten Badung, Ida Bagus Oka Dirga.

Ditambahkan bahwa tujuan pelaksanaan sertifikasi kompetensi ini adalah untuk memberikan pengakuan tertulis atas kompetensi yang dimiliki oleh tenaga kerja, meningkatkan daya saing tenaga kerja serta meningkatkan produktivitas tenaga kerja.

Oka Dirga juga mengatakan bahwa manfaat yang didapat dengan pelaksanaan Uji kompetensi ini adalah kompetennya 840 orang tenaga kerja permanen di sektor pariwisata yang dinyatakan dengan sertifikat kompetensi. Materi yang diberikan dalam uji kompetensi ini yakni Divisi housekeeping, divisi F & B product, divisi F & B Service , divisi front office serta divisi bar.  Para tenaga penguji adalah para master assesor yang bersertifikat dan ditetapkan oleh Badan Nasional Sertifikat Profesi.

Sementara itu Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa mengatakan penyerahan sertifikat uji kompetensi memilki makna yang sangat strategis bagi Kabupaten Badung serta sebagai wujud   implementasi  dari UU Nomor 13 Tahun 2003 tentang ketenagakerjaan, dan PP Nomor 52 tahun 2012 tentang Sertifikasi Kompetensi dan Sertifikasi Usaha di Bidang Pariwisata. Suiasa juga menekankan bahwa kemajuan pariwisata di Kabupaten Badung tidak terlepas dari dedikasi dan kerja keras para pelaku pariwisata serta peran aktif segenap stakeholder pariwisata serta seluruh  komponen masyarakat.

“Untuk itu maka kegiatan ini sangat sejalan dengan komitmen Pemerintah Kabupaten Badung untuk selalu berupaya meningkatkan daya saing daerah, mendorong pertumbuhan ekonomi sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Untuk hal tersebut maka Pemerintah daerah akan terus memberikan apresiasi yang tingga kepada para tenaga kerja yang merupakan ujung tombak dalam sektor pariwisata  melalui Dinas Sosial dan Tenaga Kerja dalam bentuk sertifikasi kompetensi .

“Keberhasilan penanganan ketenagakerjaan tidak hanya menjadi kewajiban pemerintah akan tetapi peran serta dari pihak swasta, perusahaan dan masyarakat sangat diperlukan sehingga dengan adanya tenaga kerja yang kompeten diharapkan akan mampu menurunkan angka pengangguran dan mengentaskan kemiskinan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat menuju masyarakat Badung yang sejahtera dan berkualitas,” pungkasnya. (humasbadung/bpn)

 

Keterangan Foto : Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa menyerahkan sertifikat kepada tenaga kerja permanen di sektor pariwisata di Ruang Kertha Gosana Puspem Badung, Selasa (29/11/2016).

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini