BALIPORTALNEWS.COMBertepatan dengan Soma Pon Matal Purnamaning Kalima, Senin (14/11/2106) terlihat sejak pagi hari serentak para pengempon serta penyungsung Pura Pasek Agung Sumerta mengenakan pakian adat kepura bernuansa putih, dikarenakan para warga sedang melaksanakan karya Memungkah Lan Pedudusan Alit. Upacara ini dipuput 3 Sulinggih yakni Ida Pandita Mpu Nabe Istri Jaya Rekananda, Ida Pandita Mpu Jaya Wijayananda, Ida Pandita Mpu Siwananda dan dihadiri langsung Walikota Denpasar IB. Rai Dharmawijaya Mantra serta para warga pengempon serta penyungsung Pura Pasek Agung Sumerta.

Ketua Panitia Karya Made Duama mengatakan, Karya ini merupakan upacara mamungkah serta Padudusan Alit yang bertujuan untuk menyelesaikan nutug (serangkaian) Karya  Ngenteg Linggih lan Padudusan Agung yang telah dilaksanakan tahun lalu.“Hari ini merupakan serangkaian upacara Nutugin Karya Ngenteng Linggih dan Pendudusan Agung yang telah dilaksanakan tahun lalu, karya ini akan nyejer selama 3 hari untuk memberi waktu kepada penyungsung dari seluruh Bali yang ingin datang untuk bersembahyang,” ujar Duama.

Pengempon Pura Pasek Agung Sumerta lebih lanjut Made Duama mengatakan   kurang lebih 5.000 kk yang tersebar di seluruh Bali sedangkan penyungsung yang terlihat ketika pujawali sebanyak 27.000 kk. “Kita berharap kepada masyarakat khususnya penyungsung Pura Pasek Agung Sumerta dengan adanya upacara seperti ini nantinya dapat dijadikan tolak ukur rasa bakti kepada leluhur dan dengan terlaksananya karya ini menjadi berkah untuk kesejahteraan masyarakat serta umat sedharma,” kata Duama.

Sedangkan Walikota IB. Rai Dharmawijaya Mantra yang ditemui di sela-sela karya mengaku sangat apresiasi dengan antusiasme warga masyarakat serta pengempon dan penyungsung Pura Pasek Agung Sumerta dalam melaksanakan upacara yadnya. Ia berharap dengan terselenggaranya upacara ini rasa persatuan dan rasa bakti kepada Ida Sang Hyang Widhi semakin meningkat. (eka/hmsdps/bpn)

 

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini