BALIPORTALNEWS.COMTim Penilai Lomba Penanggulangan Kanker Terpadu Paripurna (PKTP) Provinsi Bali melakukan penilaian terhadap tiga sekolah duta Kabupaten Badung tahun 2016 yakni SD 2 Kapal, SMPN 3 Abiansemal dan SMPN1 Petang yang dipusatkan di SMAN 1 Petang, Senin (31/10/2016).

Kehadiran Tim Provinsi yang dipimpin Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Bali Ny. Ayu Pastika, disambut Bupati Badung diwakil Asisten Pemerintahan dan Kesra IB Yoga Segara, Ketua YKI Cabang Badung Ny. Seniasih Giri Prasta, Ny. Wakil Bupati Kristiani Suiasa, Ketua DWP Ny. Kompyang R. Swandika, Para Camat, Tim Pembina PKTP Kab Badung, serta keluarga besar ketiga sekolah yang dinilai.

Kepala Sekolah SMPN 3 Abiansemal I Nyoman Ratana, SPd didampingi Kepala Sekolah SMAN 1 Petang Ni Luh Made Ratna Agustini, SPd, MPd dan Kepala Sekolah SD 2 Kapal, Mengwi I Nyoman Jani, SPd melaporkan bahwa mengenai kanker pihaknya mengintegrasikan dalam mata pelajaran, karena sosialisasi ini penting untuk kehidupan anak-anak sesuai kebutuhan sekarang dan akan datang.

 Sosialisasi kanker sudah dilakukan melalui simulasi, seni, nyanyian, yel-yel, olahraga, drama tradisional, mading, poster dan paduan suara yang temanya kanker. Selain itu pembuatan makanan yang bebas pengawet, pemanis, penyedap, pengenyal dan pewarna.

Baca Juga :  Tingkatkan SDM Koperasi, Diskopukm dan Perdagangan Badung Gelar Diklat Uji Sertifikasi dan Kompetensi

Dikatakan, pemkab badung telah membantu dan benar-benar memperhatikan masyakatnya melalui pelayanan papsmear, vaksinasi kanker serviks, juga telah meluncurkan program Mawas (pelayanan pemeriksaan deteksi dini kanker payudara).

Bupati Badung dalam sambutannya yang disampaikan Asisten IB Yoga Segara menerangkan bahwa YKI Cabang Badung sejak tahun 2006 sudah melakukan program PKTP melalui sekolah guna memperkenalkan kanker secara dini dan pencegahannya kepada siswa melalui pola hidup bersih dan sehat. Program YKI ini ternyata mendapat sambutan antusias dari siswa dan masyarakat.

Baca Juga :  Persiapan Tawur Kesanga, Melasti, Ogoh-ogoh, dan Nyepi Caka 1946 di Badung

“Kami berharap kegiatan ini dapat menjadi media pembinaan masyarakat berkelanjutan, karena penanggulangan kanker tidak hanya bisa dilakukan oleh Dinas Kesehatan saja, melainkan pula dengan sinergi berbagai sektor termasuk YKI Cabang Badung,” jelasnya.

Dijelaskan, Pemkab Badung sejak tahun 2012 sudah mengalokasikan anggaran dan melaksanakan program papsmear gratis kepada masyarakat kurang mampu dan kanker serviks gratis kepada seluruh siswi kelas 10 SMA/SMK se- Badung serta PNS dan THL dilingkungan Pemkab Badung. “Pemkab Badung juga menyediakan bus pelayanan deteksi dini kanker terpadu guna mendekatkan pelayanan pada masyarakat,” tambahnya.

Ketua Tim Penilai Provinsi Ny. Ayu Pastika mengatakan, PKTP menjadi program unggulan YKI Cabang Bali sebagai upaya meningkatkan pengertian dan kesadaran masyarakat dan anak-anak sekolah, yang diharapkan menjadi agen perubahan di lingkungan terutama di keluarga.

Baca Juga :  Bandara I Gusti Ngurah Rai Hadirkan Pengalaman Berkesan di Hari Raya Galungan dan Kuningan

Kegiatan promotif yang sudah dilaksanakan Provinsi Bali tahun 2011 yakni pencanangan pola hidup bersih dan sehat, pencegahan kanker dan Bali bebas asap rokok. Ny. Ayu Pastika mengingatkan bahwa kegiatan PKTP ini tidak hanya dilaksanakan pada waktu lomba saja, namun dapat dilaksanakan secara rutuin dan berkelanjutan.

Separti pada setiap bulan Pebruari tepatnya pada tanggal 4 Pebruari yang merupakan hari Kanker Sedunia yang setiap tahunnya diperingati banyak negara di dunia termasuk Indonesia.

Tujuannya untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat prihal bahaya penyakit kanker dan mendorong usaha bersama untuk pencegahan dan perawatan yang optimal bagi penderita kanker.

Materi lomba meliputi; kegiatan organisasi dan administrasi, penanggulangan kanker, kebersihan lingkungan sekolah, penyuluhan, simulasi dan hasil yang dicapai. (hms badung/bpn)

 

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News