BALIPORTALNEWS.COM – Tri Kerukunan antar umat beragama yang terdiri dari kerukunan intern umat bergama, kerukunan antar umat beragama dan kerukunan antar umat beragama dengan pemerintah, di Kabupaten Badung saat ini masih terjaga dengan baik. Hal ini tidak terlepas dari komitmen dan dukungan Pemkab Badung terhadap Forum Komunikasi Antar Umat Beragama (FKUB) di Badung dengan mengedepankan konsep Tri Hita Karana dan rasa menyama braya.

Hal tersebut diungkapkan Sekda Badung Kompyang R Swandika yang juga selaku Ketua FKUB Badung saat menerima Kunjungan FKUB Kabupaten Sragen, Provinsi Jawa Tengah di Puspem Badung, Selasa (8/11/2016). Rombongan FKUB Sragen dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Sragen Dedy Endryatno, bersama Ketua DPRD SragenBambang Samekto, Ketua FKUB Sragen H. Mouhtimgudin, BSC dan Kapolres Sragen Cahyo Widiarso, SIK.

Lebih lanjut Kompyang R. Swandika juga menambahkan bahwa, Pemkab Badung dengan adanya Pusat Pemerintahan Kabupaten Badung, Mangupraja Mandala (Puspem Badung) selain sebagai pusat pelayanan kepada masyarakat, Puspem juga dimanfaatkan sebagai pusat silahturahmi umat beragama.

Hal ini dapat dilihat dari pelaksanaan kegiataan keagamaan di Puspem Badung seperti kegiatan rutin sholat Idul Adha dan Idul Fitri, kegiatan Natalan dan perayaan Imlek di Puspem Badung. Untuk umat Hindu, secara rutin setiap purnama melakukan persembahyangan di Pura Lingga Bhuwana.

Selain itu, Puspem Badung juga dijadikan pusat pemberdayaan seni dan budaya dengan pelaksanaan Festival Seni Budaya setiap tahunnya. Melalui kunjungan ini Swandika mengharapkan dapat meningkatkan silahturahmi dan kerukunan antara FKUB Badung dengan FKUB Sragen serta dapat saling menukar informasi dan pengalaman.

Sementara Ketua FKUB Sragen menyampaikan terima kasih atas penerimaan kunjungan di Kabupaten Badung. Dipilihnya Badung sebagai obyek kunjungan, karena FKUB Sragen menilai kerukunan antar umat beragama di Kabupaten Badung sangat baik dan kondisi kemanan Badung juga sangat kondusif.

“Untuk itu tidak salah kiranya kami FKUB Sragen ingin menimba ilmu dan saling menukar pengalaman sehingga mampu meningkatkan kerukunan antar umat beragama di Kabupaten Sragen,” imbuhnya.

Pada kesempatan tersebut juga diisi dialog yang berlangsung sangat dinamis. Hampir semua dari peserta FKUB Sragen menyampaikan apresiasi kepada Pemkab Badung dan FKUB Badung.

Selain itu para peserta juga ingin mengetahui program/kegiatan dari FKUB Badung dan Pemkab Badung dalam upaya meningkatkan kerukunan umat beragama. Acara diakhiri dengan saling tukar menukar cinderamata. (hmsbadung/bpn)

Keterangan Foto : Sekda Badung Kompyang R Swandika yang juga selaku Ketua FKUB Badung saat menerima Kunjungan FKUB Kabupaten Sragen, Provinsi Jawa Tengah di Puspem Badung, Selasa (8/11/2016) kemarin.

 

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini