BALIPORTALNEWS.COM –  Sejumlah siswa SMP dan SMA yang kedapatan tengah membolos sekolah dan nongkrong di sebuah warung di Jalan Menuh depan Kantor Inspektorat Kota Denpasar, diamankan Tim Penegakan Disiplin Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Denpasar saat melakukan inspeksi mendadak (sidak), Jumat (4/11/2016).

Plt. Kadisdikpora Kota Denpasar, Ir. Nyoman Ngurah Jimmy Sidharta W., MT., yang memimpin langsung sidak, mengungkapkan, razia pelajar ini dilaksanakan setelah banyak laporan dari masyarakat, ada beberapa pelajar yang nongkong di sebuah warung saat jam pelajaran. Lebih dari itu untuk mengantisipasi keterlibatkan siswa terlibat geng motor yang belakangan kerap meresahkan masyarakat.

Sembilan pelajar yang tertangkap tangan membolos itu pun langsung diberi pengerahan dan pembinaan di tempat. Pihak sekolah pun langsung dipanggil dan menjemput siswa yang kedapatan bolos itu untuk selanjutnya diberi pembinaan sesuai tata tertib sekolah.

‘’Mereka kami beri kesempatan agar tidak mengulangi perbuatannya. Jika nanti mereka terjaring lagi, akan kami tindak tegas,” tegas Asisten II Setda Kota Denpasar ini.

Usai menjaring siswa di sebuah warung di Jalan Menuh, tim selanjutnya bergerak menyisisir sejumlah tempat yang biasa dipakai tempat nongkrong oleh siswa. Hanya saja tidak diketemukan adanya siswa yang membolos saat jam pelajaran.

Jimmy Sidharta menegaskan, razia akan terus dilakukan untuk merazia pelajar-pelajar yang keluyuran di jam sekolah. Harapannya ini menjadi shock terapy buat mereka agar tak membolos lagi di jam sekolah.

Jimmy Sidharta mengimbau kepada sekolah-sekolah untuk senantiasa memantau siswa-siswinya agar tidak melakukan pelanggaran. Ia menuturkan, sekolah diminta memperketat aturan tata tertib (tatib), dan melakukan pembinaan serta penindakan kepada siswa-siswi yang masih saja bandel membolos pada jam sekolah. ‘’Salah satunya dengan pemberian kredit poin yang berat bagi siswa yang melanggar,’’ tegasnya.

Penertiban siswa berkeliaran diluar sekolah, pada jam belajar oleh Tim Penegakan Disiplin Disdikpora Kota Denpasar, mendapat apresiasi dan dukungan Ketua PGRI Kota Denpasar, Drs. Nyoman Winata, M.Hum., termasuk pihak sekolah di Kota Denpasar.

Winata, mengungkapkan, razia dilaksanakan Tim Penegakan Disiplin Disdikpora Kota Denpasar dengan sasaran siswa berkeliaran pada jam belajar, akan memberi dampak positif terhadap perilaku pelajar yang sering bolos sekolah.  ‘’Tindakan ini akan menimbulkan efek jera dan pembelajaran bagi siswa lainnya,’’ kata Winata yang ikut dalam sidak, kemarin. (pra/bpn)

Keterangan Foto : BERI PEMBINAAN – Plt. Kadisdikpora Kota Denpasar, Nyoman Ngurah Jimmy Sidharta memberikan pembinaan kepada siswa yang kedapatan nongkrong di warung pada jam belajar, Jumat (4/11/2016).

 

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini