Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COMBupati Badung I Nyoman Giri Prasta menyerahkan bantuan sebesar Rp. 908.200.000,- untuk pemugaran Pura Khayangan Dalem Panglan, Desa Adat Kapal, Kelurahan Kapal, Selasa (1/11/2016) di Pura Dalem Panglan. Penyerahan bantuan ini bertepatan dengan upacara ngingsirang/nuntun ida bhatara di Pura Khayangan Dalem Panglan.

Menurut Bupati Giri Prasta, penyerahan bantuan untuk pemugaran Pura Dalem Panglan ini merupakan komitmen Bupati dan Wakil Bupati serta Pemerintah Kabupaten Badung dalam upaya menjaga dan melestarikan seni, adat, agama dan budaya yang telah menjadi salah satu program skala prioritas pemangunan di Kabupaten Badung. Dikatakan bahwa, Pemkab Badung mempunyai prinsip, membangun agama, adat dan seni melalui budaya.

“Kerangka pembangunan badung kedepan ini adalah budaya,” jelasnya.

Bupati juga menjelaskan, dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Semesta Berencana Kabupaten Badung tahun 2016-2021, Pemkab Badung akan melaksanakan lima skala prioritas pembangunan diantaranya ketersediaan sandang, pangan dan papan, kesehatan dan pendidikan, jaminan sosial dan tenaga kerja, seni, adat, agama dan budaya serta pariwisata. Dibidang seni, adat, agama dan budaya, pembangunan Pura Khayangan Tiga (Puseh, Desa, Dalem) di 122 desa adat di Badung sudah menjadi priotitasnya.

Baca Juga :  Bupati Giri Prasta Turun Langsung Meninjau Banjir di Areal Tukad Mati Legian

Setelah semua pembangunan di pura khayangan tiga selesai dilaksanakan, baru Bupati akan membuat paiketan pemangku khayangan tiga se-badung dan kedepannya pemangku khayangan tiga akan digaji. Selain khayangan tiga, Pura dadia/paibon juga menjadi prioritas. Kata Bupati kepada masyarakat yang mempunyai pura paibon agar didaftarkan di Dinas Kebudayaan sehingga kedepannya dapat dibantu pembangunan pura paibon.

“Kami juga mendorong krama paibon membentuk koperasi dan kami siap membantu modalnya, sehingga dalam setiap yadnya tidak lagi mengeluarkan peturunan dari krama, cukup diambil dari SHU koperasi tersebut,” tambahnya.

Baca Juga :  Bupati Giri Prasta Hadiri Upacara Mendem Dasar di Pura Dalem Desa Adat Batunya

Selain itu Bupati menambahkan di bidang pendidikan, di tahun 2016 ini untuk SD kelas 6 akan diberikan laptop dan tahun depan SD kelas V juga diberi laptop.

Disamping itu, mulai 2017 siswa baru kelas 1 SD dan kelas 1 SMP akan diberi seragam gratis termasuk dana aci maupun ekstrakurikuler di sekolah akan ditanggung Pemkab Badung. Dan dipastikan tidak ada lagi pungutan di sekolah.

Di bidang kesehatan, mulai dengan program Jampersal (Jaminan persalinan), pemberian Kartu KIS dan KBS, santun kematian 10 juta.

“Pemberian santunan kematian merupakan program “three in one”, selain mendapat dana 10 juta, masyarakat juga mendapat akta kematian dan perubahan kartu keluarga,” jelasnya.

Sementara dengan KBS ini, Pemkab Badung sudah bekerjasama dengan BPJS dengan program Kapitasi bekerjasama dengan dokter umum dimana satu dokter akan melayani 1000 masyarakat.

Baca Juga :  Bupati Giri Prasta Laksanakan Penanaman Pohon di Pelaga

Kelian Dinas Panglan Gusti Ngurah Suardana atas nama krama Panglan menyampaikan terima kasih atas bantuan Bupati Badung untuk pemugaran Pura Khayangan Dalem Panglan ini.

Dikatakan, pemugaran di Pura Khayangan Dalem Panglan dilakukan terhadap semua pelinggih yang ada, termasuk pembangunan di pura merajapati Panglan. Ditargetkan pemugaran pelinggih pura ini akan selesai bulan Desember mendatang.

Setelah pemugaran selesai, Pura Khayangan Dalem Panglan yang diempon krama dari dua banjar adat yakni Banjar Adat Panglan Delodan dan Banjar Adat Panglan Baleran akan lanjut melaksanakan Karya Mamungkah, Mupuk Pedagingan, Ngenteg Linggih dan Tawur Agung di Pura Dalem Panglan pada anggara kliwon medangsia, 25 April 2017 nanti. (bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini