BALIPORTALNEWS.COM – Selain keindahan dalam Seni Rupa juga mengandung unsur pengetahuan dan berbagai kritikan, bahkan Seni Rupa bisa dikembangkan lebih luas lagi. Karena Seni Rupa mengajarkan banyak pengetahuan di dalamnya maka hal ini harus diketahui semua orang.

Demikian yang disampaikan Walikota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra saat memberikan Keynote Speaker pada Seminar  Nasional dengan Tema Seni Rupa Nusantara Berbasis Keunggulan yang diselenggarakan Institut Seni Indonesia Denpasar Jumat (28/10/2016).

Dalam seminar tersebut Rai Mantra juga mengatakan, Seni juga mampu memberikan jalan terbaik kepada manusia, untuk bisa terwujud harus dengan keyakinan. Bahkan dalam memperkuat  Seni Rupa Kota Denpasar membuat Visi Misi Pemerintah Kota Denpasar dengan Kota Berwawasan Budaya.

Lebih lanjut Rai Mantra mengatakan, Seni Rupa harus berbasis unggulan, yakni Seni rupa itu harus unggul, kuat, awet dan baik. Strategi pembangunan terhadap seni dan budaya unggulan di Kota Denpasar dilakukan dengan cara revitalisasi, penguatan, dan mengembangkan.

Arti dari Revitalisasi itu membangkitkan Seni yangPunah atau Hampir Punah dengan cara memberikan Sporting dan berbagai Kapasitas. ‘’Seperti Tabuh Gambang yang hampir punah kita bangkitkan kembali dengan memberi berbagai bantuan sarana maupun prasarana,’’ ujarnya.

Untuk menguatkan seni juga harus ada Akses dan fasilitas serta Sustainable dan Program Regenerasi dari anak- anak remaja. Selain itu seni juga harus dikembangkan melalui berbagai kegiatan yakni  Festival (Ekspresif dan Progresif), Tradisi-Ekonomi Kreatif (Orange Economi) dan Organisasi Pendukung (Dewan Kota Pusaka, Badan Kreatif dan Listibya).

Sementara Wakil Rektor 3 ISI Denpasar Wayan Gulendra mengatakan, Seminar ini memiliki peran strategis dalam rangka menyambut akreditasi program studi di lingkungan Institut Seni Indonesia Denpasar tahun 2017.

Sehingga para pembicara baik dari luar dan dari FSRD dapat mempresentasikan hasil penelitian dan penciptaan seni mutakhirnya. Dimana pihaknya mempunyai visi mengangkat unggulan lokal secara universal. Sehingga yang diseminarkan adalah kekayaan nusantara dari seni budaya. Dimana para peserta seminar dapat memetik pemikiran Seni Rupa Nusantara Basis keunggulan Indonesia merupakan sebuah kekayaan seni dan budaya unggul bangsa Indonesia.

Keunggulan tersebut menjadi sumber inspirasi dan eksplorasi dalam penciptaan untuk menunjukkan kualitas idealisme, kualitas visual dalam menunjukkan identitas dalam persaingan global.

Menurutnya mengangkat keunggulan lokal dalam seminar ini untuk mencari jalan untuk mensejahterakan masyarakat Indonesia. Masyarakat tanpa sejahtera maka seni itu tidak akan tumbuh dengan baik.

Untuk mempertahankan seni lokal berbagai hal telah dilakukan oleh ISI Denpasar. Bahkan dalam seminar ini pihaknya mengundang beberapa narasumber diantaranya Walikota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra, Rektor ISI Jogjakarta Prof. Dr. M. Agus Burhan, M.Hu dan Dr Dudy Wiyancoko dari Institut Teknologi Bandung.

‘’Semua narasumber ini akan membicarakan cara mengoptimalkan kekayaan lokal daerah masing-masing karena kita harus sadari kekayaan ini harus dibangun dengan baik,’’ ujarnya. (ayu/hms dps/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini