BALIPORTALNEWS.COM – Peran keluarga dalam hal pendidikan bagi anak, tidak dapat tergantikan sekalipun anak telah dididik di lembaga pendidikan formal maupun nonformal.

‘’Untuk itu, keluarga harus memiliki kemampuan dalam melaksanakan proses peningkatan gizi dan kesehatan, perawatan, pengasuhan, pendidikan dan perlindungan,’’ ujar Kasi PLS Bidang PLS Disdikpora Kota Denpasar, Made Artha Widiani saat membuka kegiatan penguatan pendidikan keluarga di UPT SKB Dinas Dikpora Kota Denpasar, Sabtu (29/10/2016).

Menurut Artha Widiani, keselarasan pendidikan yang dilaksanakan di lembaga PAUD dan di rumah diakui sebagai salah satu faktor penentu keberhasilan pendidikan anak secara menyeluruh.

Disisi lain, ia mengatakan, anak-anak memiliki kekuatan dan potensi yang luar biasa serta kebutuhan berekspresi yang tak terbatas. Anak-anak secara alami terus bereksplorasi, membuat penemuan, dan mengubahdirinya. Oleh karena itu setiap pendidik anak usia dini di PAUD harus menyadari dan memahami potensi yang dimiliki anak.

Seorang pendidik yang efektif akan menghargai bahwa anak adalah pembelajar aktif yang tertarik pada pengalaman-pengalaman untuk membangun pemahaman meraka tentang dunia. Seorang anak akan kompeten dan menjadi pembelajar sejati dengan kehadiran seorang pendidik yang mampu menghargai keberadaan mereka, dapat memenuhi kebutuhan fisiknya serta mampu menciptakan rasa aman pada diri anak.

Seorang pendidik harus menyadari bahwa setiap anak memiliki karakteristik yang berbeda dalam belajar dan bertindak, oleh karena itu setiap anak harus diberikan dukungan dalam perkembanganya dengan memberikan kesempatan untuk secara bebas dalam berekspresi dalam menunjukan berbagai kemampuan baru yang telah diperolehnya.

Sementara Ketua Panitia Ketua Panitia, Made Sugiantini, S.Pd., MPd.H., yang juga Kepala UPT SKB Dinas Dikpora Kota Denpasar, mengungkapkan, kegiatan penguatan pendidikan keluarga serangkaian mengisi jeda semester I. Kegiatan diikuti oleh PAUD yang tergabung dalam Gugus Rama Kecamatan Denpasar Timur, diisi dengan aneka lomba.

Di antaranya lomba tari Pendet dan Gopala, lomba menyiapkan makanan sehat anak, lomba membuat banten pejati dan lomba tarik tambang. Kegiatan juga dilanjutkan dengan kelas orang tua dengan tema ‘’Pengasuhan Positif’’, kelas orang tua dengan tema ‘’Mendidik Anak di Era Digital’’, kelas inspirasi dan menyusun film pendek yang akan ditayangkan pada pentas akhir tahun.

Ditegaskan, sekaligus meningkatkan kapasitas pendidik dan tenaga kependidikan dalam pemahaman dan pelaksanaan pendidikan keluarga. Selain menciptakan lingkungan belajar yang inklusif, aman, nyaman dan menyenangkan baik di satuan pendidikan maupun di rumah. (pra/bpn)

Keterangan Foto : LOMBA SENAM – Penampilan lomba senam yang dibawakan anak-anak PAUD dalam kegiatan penguatan pendidikan keluarga yang digelar UPT SKB Dinas Dikpora Kota Denpasar, Sabtu (29/10/2016).

 

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini