BALIPORTALNEWS.COMPemkot Denpasar terus menggenjot berbagai program dalam memerangi sampah, yang   berbasis  lingkungan. Gerakan peduli lingkungan Kecamatan Denpasar Selatan yang dinamakan Gerakan Densel Bersih dilaksankan di Kelurahan Renon yang dipusatkan  di Wantilan Pura Dalem Desa Pakraman Renon pada Minggu (9/10/2016). Gerakan Densel Bersih dipimpin langsung Sekda Kota Denpasar AAN Rai Iswara yang diawali dengan pelepasan burung dan penanaman pohon sekaligus pengukuhan pengurus LPM Kelurahan Renon.

Kegiatan yang dihadiri juga Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Kota Denpasar Made Mertajaya, Camat Densel AA. Gde Risnawan serta melibatkan beberapa pihak seperti Kepolisian, TNI, LPM Densel, Sekolah, serta Karang Taruna di lingkungan Kecamatan Denpasar Selatan .

Gerakan Densel Bersih yang memerangi sampah berbasis lingkungan sehingga diharapkan sinergitas antara Kades/Lurah, Bendesa Pakraman, LPM, dan Karang Taruna serta semua lapisan masyarakat dapat serentak melaksanakan kerjabakti dalam upaya membersihkan lingkungan masing-masing. Demikian disampaikan Sekda Kota Denpasar AAN Rai Iswara saat memberi sambutan.  

Lebih lanjut Rai Iswara mengatakan, Melalui Gerakan Densel Bersih ini  diharapkan   agar masyarakat lebih peduli lingkungan. Selain itu masyarakat juga diajak untuk ikut menangkap para pelaku pembuang sampah sembarangan sehingga menimbulkan efek jera. “Dengan kegiatan ini diharapkan dapat mensinergikan antara adat dan dinas dalam upaya pemberantasan masalah sampah yang berbasis lingkungan yang akan dilanjutkan ke setiap Desa/ Lurah sehingga ada koordinator dalam mengawasi serta menangkap pembuang sampah sembarang,” ujar Rai Iswara.

Sedangkan Camat Denpasar Selatan AA Gde Risnawan mengatakan, Pelaksanaan Gerakan Densel Bersih untuk melaksanakan misi forum LPM Densel dalam upaya menjaga kebersihan dan keindahan Kota Denpasar. Diupayakan adanya sinergitas antara Desa/Lurah, jro bendesa adat/pekraman, LPM dan Karang taruna sehingga masyarakat dapat bersama membersihkan lingkungan tidak terkecuali dinas/adat maupun pendatang.

Untuk kebersihan sampah berbasis lingkungan yang telah dijadwalkan seperti membersihkan jalan, gang, sungai, kawasan suci serta semua tempat agar selalu bersih. “Kami berkomitmen memberantas masalah sampah sampai tuntas, dengan Gerakan Densel Bersih ini  akan terus dilanjutkan dan ditingkatkan program yang dilaksanakan di setiap Desa/Kelurahan agar dapat menciptakan Kota Denpasar bersih dan asri,” katanya. (eka/hms dps/bpn) 

loading...