BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – SEMUA orang pasti pernah merayakan hari ulang tahun (ultah). Ultah adalah peringatan hari kelahiran. Ultah tidak mesti wajib dirayakan. Tetapi tidak dipungkiri juga ultah kini menjadi life style di masyarakat. Perayaannya boleh-boleh saja, asalkan bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain. Berikut ini tips-tips perayaan ulang tahun yang bermanfaat.

Berikan waktu untuk diri sendiri

Di tengah aktivitas sehari-hari, terkadang kita tidak sempat memberi waktu untuk diri kita sendiri. Terkadang kita tidak menyempatkan diri untuk melihat kebelakang dan mengingat kembali hal-hal yang sudah kita lakukan dalam hidup. Pada saat hari ultah bisa saja kita menghabiskan waktu untuk diri sendiri, merenungi hal-hal yang telah kita lalui. Setelah itu kita bisa mengambil hikmah dari semua itu dan menjadi lebih baik ke depan.

Merayakan dengan makan-makan

Baca Juga :  Serangkian Kasanga Festival, Sagung Antari Jaya Negara Buka Sarasehan Banten Ngesanga

Tidak semewah “pesta ulang tahun”, ritual makan-makan biasanya diawali dengan berkumpul, para tamu undangan menyantap makanan dan diakhiri dengan ngobrol-ngobrol. Sederhana namun bermakna. Perbedaan yang paling mendasar dari pesta ultah dengan makan – makan adalah kemeriahannya. Makan-makan biasanya tidak dibarengi dengan aktivitas-aktivitas seperti games, menyanyi, dan menari. Jumlah orang yang menghadiri acara makan-makan ini juga sangat relatif. Kegiatan makan-makan bisa dilangsungkan oleh dua orang atau lebih. Semakin banyak jumlah orang yang diundang, semakin ramai acara makan-makan kamu. Makan-makan bisa dilakukan bersama teman-teman maupun keluarga yang tercinta.

Melakukan kegiatan positif

Baca Juga :  Usung Tema Saguna Prawerthi, Festival Beraban Tahun 2024 Kembali Digelar

Banyak kegiatan positif yang dilakukan pada saat kita ultah. Misalnya, ketika kita diberikan uang untuk merayakan ulang tahun oleh orang tua maka kita bisa memanfaatkannya dengan menyumbang ke panti asuhan atau bisa merayakannya bersama dengan anak-anak panti asuhan. Berbagi bersama dengan anak-anak yang kurang mampu pasti akan menimbulkan kebahagiaan tersendiri di hati kita.

Melakukan bakti sosial

Merayakan ultah bisa juga dengan melakukan bakti sosial. Kegiatan Sosial ini dengan melakukan kegiatan pembersihan di lingkungan sekitar dan dengan melakukan penanaman pohon. Ini juga bagus untuk mengatasi global warming.  Jadi, ulang tahun bisa sangat bermanfaat untuk lingkungan sekitar. (bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News