Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Bali, Ny. Ayu Pastika mengajak para kader PKK untuk selalu bersemangat dalam menjalankan misi Gerakan PKK yang bertujuan itu memberdayakan dan  mensejahterakan keluarga.

Demikian disampaikannya saat melakukan pembinaan terhadap para kader TP PKK Desa Batununggul, Nusa Penida, Klungkung di aula desa setempat, belum lama ini.

Dalam kesempatan tersebut Ayu Pastika berharap masing-masing Kelompok Kerja (Pokja) yang ada dalam Gerakan PKK ini untuk dapat menjalankan tugasnya masing-masing dengan baik agar program dapat berjalan sesuai dengan apa yang telah direncanakan.

“Saya berharap masing-masing Pokja baik Pokja 1 sampai Pokja 4 untuk dapat menjalankan programnya dengan baik. Dimana Pokja 1 dapat menjalankan program unggulannya dalam Pola asuh anak dan Remaja dengan cinta kasih sayang dalam keluarga, semua itu bisa dilaksanakan dengan pembinaan karakter anak dan keluarga sejak dini. Untuk Pokja 2 dapat menjalankan program peningkatan kualitas pengelolaan kegiatan pemberdayaan ekonomi keluarga melalui UP2K PKK dengan membentuk kelompok-kelompok UP2K PKK disetiap Banjar. Pokja 3 bisa mensosialisasikan  gerakan HATINYA PKK dengan mengoptimalkan lahan pekarangan yang ada di masing-masing keluarga dengan tanaman yang bernilai ekonomi. Serta Pokja 4 bisa mensosialisasikan PHBS dalam keluarga dan lingkungan dengan pola CERDIK,” pungkasnya.

Ditambahkan Ny. Ayu Pastika, dirinya yakin TP PKK dengan semboyan  “Kita Bisa, Harus Bisa, Pasti Bisa” bukan hanya sebatas menjalankan program akan tetapi memberikan kontribusi nyata dalam mengawal pembangunan terutama pembangunan SDM yang nantinya menjadi harapan bangsa dengan terciptanya generasi emas yang sehat, cerdas dan berahklak mulia.

Ia juga menjelaskan bahwa kegiatan pembinaan ini  bertujuan menumbuhkan motivasi dan penguatan kelembagaan serta pemberdayaan masyarakat dan kemandirian kabupaten/kota dalam melaksanakan 10 Program Pokok PKK guna membangun masyarakat yang sejahtera sesuai dengan hasil Rakernas VIII PKK Tahun 2015.

Kegiatan yang dikomandani langsung olehnya merupakan amanat dari hasil Rakernas yang merupakan program nasioal dan wajib dilaksanakan setiap tahun secara berjenjang mulai dari tingkat desa/kelurahan, kecamatan, kabupaten/kota dan juga provinsi. Selain itu juga bertujuan untuk mengetahui pemasalahan atau hambatan yang masih belum terpecahkan sehingga dapat dicarikan solusinya bersama.

“Ini merupakan program dari hasil Rakernas ke VIII PKK Tahun 2016 yang telah dirumusan kembali pada Rakerda PKK Provinsi Bali Tahun 2016 dan harus dijalankan setiap tahunnya secara berjenjang. Untuk itu, pelaksanaannya benar-benar dikemas dengan baik sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” ujar Ny. Ayu Pastika dalam sambutannya.

Usai melaksanakan pembinaan kepada TP PKK Desa Batununggul, Ny. Ayu Pastika beserta rombongan menyempatkan waktu untuk meninjau proses pembuatan kain tenun Cepuk di Desa Tanglad, Nusa Penida, Klungkung.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Ketua TP PKK Kabupaten Klungkung Ny. Ayu Suwirta, Camat Nusa Penida I Gusti Agung Gede Putra Mahajaya. (bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News