Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORALNEWS.COM – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Denpasar, rutin setiap tahun mengadakan mengadakan English Debating Competition 2016 atau lomba debat Bahasa Inggris. Untuk tahun ini, lomba debat bahasa Inggris tingkat SMK yang diselenggarakan dua hari mulai Sabtu (27/8/2016) hingga Minggu (28/8/2016) di SMKN 2 Denpasar.

Ada 18 tim SMK negeri dan swasta se-Kota Denpasar yang berkompetisi dalam ajang ini. “Tujuan utama kegiatan ini yaitu melatih para siswa SMK berpikir secara kritis terhadap isu yang saat ini sedang berkembang. Ini sesuai dengan tema lomba debat bahasa Inggris tahun ini “The Media to Ekspress Your Briliant I Deas’’ atau media untuk mengekpresikan ide brilian siswa,’’ kata Kabid Pendidikan Menengah Disdikpora Kota Denpasar, Drs. Wayan Supartha, M.Pd., saat menutup lomba debat bahasa Inggris, Minggu (28/8/2016).

Baca Juga :  SMAN 4 Denpasar Juarai Lomba Debat Bahasa Inggris

Lebih dari itu, kata Supartha, event ini untuk menjaring siswa terbaik untuk nantinya disiapkan mengikuti ajang serupa di tingkat Provinsi Bali. Karenanya, lomba debat bahasa Inggris ini menjadi sarana yang ditunggu oleh siswa, khususnya mereka yang suka berdebat bahasa Inggris.

“Astungkara, duta Kota Denpasar setiap tahun berhasil meraih juara di tingkat Provinsi Bali,” ujarnya, semabri meminta sekolah dan the best speaker yang keluar sebagai terbaik di lomba debat ini dapat memberikan kontribusi terbaik untuk Kota Denpasar.

Baca Juga :  SMAN 4 Denpasar Juarai Lomba Debat Bahasa Inggris

ketua panitia/pelaksana teknis kegiatan yang juga Kasi Kurikulum Dikmen Ni Made Tirta Ariantini, S.Pd., M.Pd., menambahkan, sistem debat menggunakan sistem Australia. ‘’Sistem Australia itu dibagi ke dalam dua kelompok, kelompok afermatif dan kelompok negatif. Kelompok afermatif adalah kelompok yang setuju sedangkan kelompok yang negatif adalah yang tidak setuju. Jadi, sistemnya seperti parlemen di Australia. Sistem ini dipilih karena lebih sederhana dan paling familier,’’ terangnya.

Sebagai tuan rumah penyelenggaraan lomba debat, Kepala SMKN 2 Denpasar, Drs. Wayan Sarjana mengatakan, dari tahun ke tahun pelaksanaan lomba debat sudah semakin baik. Pemerintah Kota Denpasar juga semakin menggalakkan pelaksanaan lomba debat. Hasilnya, juara debat bermunculan dan tak hanya dimonopoli oleh sekolah tertentu.

Baca Juga :  SMAN 4 Denpasar Juarai Lomba Debat Bahasa Inggris

Lomba debat SMK se-Kota Denpasar itu melibatkan juri dari Unud, Poltek Negeri Bali dan MGMP Bahasa Inggris SMA/SMK Kota Denpasar. Juara I, II, III dan juara harapan disediakan hadiah uang, piagam dan trofi. The best speaker juga disediakan piagam, trofi dan hadiah uang.

Tampil sebagai juara I tim debat SMK Pariwisata Harapan Denpasar. Di susul juara II, III dan harapan I masing-masing, tim debat SMK PGRI 3 Denpasar, SMKN 4 Denpasar dan SMKN 3 Denpasar. The best speaker diraih Varen Caroline Angela (SMK Pariwisata Harapan Denpasar), Kadek Dewik Febrianti (SMKN 4 Denpasar) dan Devi Hernawati (SMK Pariwisata Harapan Denpasar). (tis/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini