Hosting Unlimited Indonesia

BALIPORTALNEWS.COMPemprov Bali dinobatkan sebagai daerah yang telah mengembangkan sektor otomotif transportasi khususnya dalam bidang kemajuan industri pariwisata oleh Tabloid Otomatif Indonesia. Demikian terungkap saat penghargaan tersebut diberikan kepada Gubernur Bali Made Mangku Pastika yang diwakili Kepala Dinas Pendapatan Provinsi Bali, I Made Santha, bertempat di Ruang Rapat Dispenda Provinsi Bali, pada Jumat (12/8/2016).

Pastika dalam sambutan yang dibacakan Santha mengapresiasi penghargaan ini menurutnya Pemprov akan tetap berkomitmen dalam menjaga perkembangan otomotif di Bali sehingga akomodasi pariwisata di Bali dapat memberikan kontribusi nyata pada kemajuan ekonomi masyarakat Bali. Menurutnya, Bali sebagai destinasi pariwisata dunia memiliki tiga aspek penting yang harus disiapkan, dijaga dan dikembangkan yaitu Objek Pariwisata, Transportasi dan  Akomodasi pariwisata. Dalam penyediaan transportasi yang baik dan nyaman Pemprov Bali selalu memperbaharui peraturan untuk menjaga jumlah kendaraan di Bali, agar keberadaan kendaraan bermotor maupun roda empat tidak terlalu membludak sehingga kemacetan dapat dihindarkan.

Mengingat, sampai saat ini jumlah total kendaraan di Bali sudah mencapai 3,5 juta, dimana apabila dihitung dengan metode penghitungan daya dukung atau carriying capacity pulau Bali memang dapat menampung jumlah kendaraan sebesar +/- 5 juta kendaraan. Namun, walaupun masih terdapat sisa daya tampung kendaraan, Pemprov Bali tetap melakukan pembatasan terhadap jumlah kendaraan baik dari sisi umur maupun kondisi kendaraan yang ada di Bali. Pembatasan tersebut dilakukan, mengingat Bali merupakan tujuan pariwisata sehingga menjaga kenyaman para wisatawan dari kemacetan sangat diutamakan. “Kehidupan ekonomi masyarakat Bali 80% bergerak pada sektor pariwisata, untuk itu menjaga akomodasi transportasi salah satu yang sangat diutamakan”, ujarnya.

Sementara itu, Editor Manajemen Bisnis Tabloid Otomotif Indonesia Hariyadi Hidayat, yang menyerahakan penghargaan tersebut mengungkapkan bahwa penghargaan tersebut selain sebagai peringatan 25 tahun terbitnya tabloid otomotif, selain sebagai ucapan apresiasi kepada daerah-daerah yang mengembangkan otomotif sebagai salah satu penggerak indutri pariwisata. Dari 25 daerah yang akan diberikan penghargaan, Bali dinilai memiliki dinamika otomotif yang tinggi, baik pada sektor pribadi, industri pariwisata maupun pemeliharaan sparepart atau kondisi kendaraan yang cukup baik.

Selain itu, pihaknya juga menilai bahwa masyarakat Bali memiliki cara pemeliharaan yang berbeda terhadap kendaraan dimana keseimbangan unsur spiritual antara pengemudi dan kendaraannya dapat dilakukan melalui upacara yang menjadi tradisi dan budaya Bali.  Oleh karena itu, ia berharap perkembangan otomotif di Bali akan semakin tumbuh kearah yang lebih baik serta dapat menjadi penggerak moda ekonomi masyarakat Bali.

Sumber : Humas Pemprov Bali
loading...