Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Denpasar semakin masif melakukan upaya Pencegahan Pemberantasan dan Penyalahgunaan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN). Salah satu upayanya adalah menggandeng seniman untuk memberikan penyuluhan P4GN kepada masyarakat umum.

Kegiatan yang disebut diseminasi informasi melalui pagelaran seni budaya ini, salah satunya digelar di Desa Dangin Puri Kangin, Minggu (31/7/2016) malam. Penyuluhan P4GN disampaikan oleh seka bondres Akah Canging. Keterlibatan BNNK Denpasar di desa tersebut juga masih terkait dengan  peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI), sekaligus Gebyar Seni Antar Seka Teruna Desa Dangin Puri Kangin.

Baca Juga :  Pertamina Tambah 130 Ribu Lebih Tabung LPG untuk Pulau Bali

Diseminasi informasi melalui pagelaran seni budaya ini selain dipadati penonton yang menyaksikan penampilan seka bondres Akah Canging dan parade baleganjur serta parade band, juga dihadiri banyak pejabat. Di antaranya Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra; Kepala BNNK Denpasar, Wayan Gede Suwahyu; Camat Denpasar Utara, Nyoman Lodra dan Kepala Desa Dangin Puri Kangin, IGN Putrawan.

Kepala BNNK Denpasar, Wayan Gede Suwahyu, mengatakan, penyampaian masalah narkoba oleh seniman jauh lebih efektif. Utamanya dalam menyasar masyarakat umum karena diselipkan pula guyonan ala bondres.

Baca Juga :  Diikuti 1.730 Atlet Pelajar, Wawali Arya Wibawa Tinjau Porsenijar Esport di Denpasar

Suwahyu mencatat, Desa Dangin Puri Kangin ini dengan jumlah penduduk yang padat dan heterogen juga banyak fasilitas publik seperti sekolah serta perkantoran dan tempat sepi sangat rentan terhadap penyalahgunaan peredaran gelap narkoba. Melalui pagelaran seni budaya ini diharap dapat menggugah kesadaran masyarakat akan bahaya penyalahgunaan narkoba, dan pentingnya menjalani pola hidup sehat.

“Dengan upaya masif yang kami lakukan, besar harapan kami jumlah permintaan akan narkoba pun dapat berkurang. Pada gilirannya mengurangi pasar perdagangan gelap narkoba,” terangnya.

Baca Juga :  Wali Kota Jaya Negara Serahkan LKPD Unaudited TA. 2023 Kepada BPK RI Perwakilan Bali

Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra, mengapresiasi diseminasi informasi P4GN melalui pagelaran seni budaya ini. Menurut Rai Mantra, upaya pencegahan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba harus dilakukan secara bersama-sama seluruh komponen masyarakat, bangsa dan negara. Kerja sama dilakukan dengan prinsip sinergitas dan berbagi tanggung jawab atau share responsibility. “Untuk itu, upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba harus terus dilakukan. Baik di lingkungan keluarga, lingkungan pendidikan, lingkungan komunitas, dan di lingkungan kerja,” pungkas Rai Mantra.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News