BALI-PORTAL-NEWS.COM – Sekaa Teruna (ST) Manggala Sunu Br. Legian Kaja, dibentuk pada 15 Maret 1966, setengah abad silam oleh para panglingsir bertujuan mewadahi generasi muda agar menjadi generasi yang berkarakter, berbudaya, dan berdaya saing.

Manggala berarti pemimpin, dan Sunu berarti pemuda. Sehingga Manggala Sunu berarti sosok generasi muda yang diharapkan mampu menjadi pemimpin yang baik, berguna untuk kemajuan masyarakat.

Menandai 50 tahun HUT ST Manggala Sunu, selain disii dengan acara pelantikan anggota baru sekaa teruna, dan pelantikan pengurus masa bhakti 2016- 2019, juga diluncuran program utama ST Manggala Sunu yang berkelanjutan berbasis Tri Hita Karana yaitu MGLS Pasraman Digital, MGLS Charity, dan bank sampah.

MGLS Pasraman Digital adalah program ST Manggala Sunu dalam bidang parhyangan yaitu sebuah media pembelajaran yang memanfaatkan media sosial tentang adat istiadat, seni dan budaya serta agama Hindu berbasis digital dengan kemasan kekinian yang menarik dan aplikatif sehingga mudah dipahami terutama anak muda pada jaman sekarang.

Dalam bidang Palemahan digagas pembentukan bank sampah, sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan, dengan moto merubah sampah menjadi rupiah. Dan dalam bidang pawongan diluncurkan program peduli sesama bertajuk MGLS Charity.

Sebagai kegiatan perdana dalam program ini, ST Manggala Sunu menyalurkan sumbangan sukarela yang bersumber dari anggota ST dan warga Banjar Legian Kaja. Sumbangan diserahkan kepada keluarga yang kurang mampu yaitu keluarga I Wayan Bandem yang tinggal di seputaran lokasi galian C, Br. Lekok Sempalan Kelod, Klungkung.

Ke depan, program peduli sesama ini akan dikembangkan lagi sehingga dapat berjalan efektif  untuk membantu saudara yang kurang mampu guna meningkatkan kualitas hidup mereka salah satunya target dalam waktu dekat yaitu membentuk sistem kakak asuh. Ketiga program ini merupakan sebuah bentuk nyata pengabdian ST Manggala Sunu sebagai generasi muda demi Legian secara kusus dan Bali pada umumnya.

Perayaan 50 tahun ini menjadi sebuah perayaan yang bersejarah dengan peluncuran tari kebesaran ST Mangala Sunu yang berjudul tari Sekar Padma. Ide tarian ini diambil dari sekar Padma yang terdapat pada lambang ST. (r/bpn)