Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Rangkaian Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di SMPN 5 Denpasar, telah ditutup resmi, Rabu (13/7/2016). Kepala SMPN 5 Denpasar, I Wayan Kamasan, S.Pd., M.Pd., mengungkapkan, MPLS diikuti 394 siswa baru dengan kehadiran 100 persen dan dinyatakan lulus dengan nilai baik.

Kasek Wayan Kamasan didampingi Koordinator Wakasek Nyoman Widana, Waka Kesiswaan Dewa Gede Sumantra dan Ketut Ardika; Waka Humas Wayan Suwirya dan Tjok. Istri Liliawathi; Waka Kurikulum Ni Wayan Suarmi dan Ni Made Murni; dan Waka Sarana Made Suana dan Tri Eny Susiwi, mengungkapkan, MPLS selama tiga hari ditekankan pada suasana menyenangkan, sejuk, sehat dan berbudaya. Sesuai tujuannya untuk mengenalkan lingkungan sekolah sebagai sarana beradaptasi siswa bru dengan teman-teman baru terhadap lingkungan yang baru dan sebagai ajang kebersamaan, kekeluargaan dan persaudaraan dalam memajukan pendidikan di sekolah.

Baca Juga :  Astra Motor Bali Siapkan Bale Pesandekan Honda di Pura Sakenan

Dengan demikian MPLS banyak diisi dengan kegiatan menggali kreativitas siswa dan ceramah serta cinta lingkungan. Termasuk melaksanakan bakti sosial berupa pemberantasan sarang nyamuk ke rumah-rumah warga di sekitar lingkungan sekolah, juga melaksanakan kegiatan 3 M yakni menutup, menguras, dan mengubur.

Wayan Kamasan menambahkan, momentum MPLS juga dimanfaatkan sebagai media sosialisasi nilai-nilai etika, sosial dan budaya sekolah. Kebiasaan dari sebelum pelajaran dimulai hingga akhir pulang dengan aktualiasasi jurus 5 S. Meliputi senyum, salam, sapa, sopan dan santun serta siswa wajib mengucapkan salam om swatiastu setiap bertemu dengan guru maupun tamu yang datang ke sekolah.

Baca Juga :  WBP Ikuti Parade Seni di Lapas, Begini Pesan Kakanwil Kemenkumham Bali

Wayan Kamasan mengungkapkan, berkomitmen bulat menjadikan SMPN 5 Denpasar sebagai sekolah berprestasi dan favorit di Kota Denpasar. Kini yang dikembangkan adalah sekolah tumbuh kembang, dimana terus menggali potensi yang dimiliki siswa untuk nantinya mampu memunculkan prestasi.

Karenanya, saat MPLS siswa baru juga dikenalkan beragam bentuk ekstrakurikululer. Tercatat ada 33 jenis ekstrakurikuler di SMPN 5 Denpasar, dan ke depan akan dikembangkan lagi klub-klub akademis seperti klub MIPA, klub bahasa dan lainnya. Ini sesuai dengan motto SMPN 5 Denpasar Widya Purnam Jayanthi artinya dengan ilmu pengetahuan yang sempurna memperoleh kemasyuran.

Baca Juga :  Petani Denpasar Panen Perdana Bawang Super Philip

Waka Humas Wayan Suwirya menambahkan, untuk meningkatkan keakraban antar siswa dengan warga sekolah, Jumat (15/7/2016) besok diisi dengan kegiatan outbond di Taman Kota Denpasar di Lumintang. Kegiatan akan diisi dengan games outbond, atraksi antar kelompok dan lomba-lomba menyenangkan.

Selanjutnya, Sabtu (16/7/2016), siswa baru diajak melakukan kerja bakti membersikan lingkungan sekolah dan kegiatan berkebun. Sehingga siswa baru terbiasa di lingkungan sekolah dan menjadikan sekolahku rumahku.(tis/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini