Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Kondisi dari Ni Wayan Sumadiani (41) yang memprihatinkan karena mengalami lumpuh total sejak empat tahun lalu dan menjadi pemberitaan di media masa beberapa waktu lalu membuat Gubernur Bali Made Mangku Pastika mengutus tim Humas Pemprov untuk menyambangi Sumadiani di Banjar Jelantik Kuri Batu Desa Tojan Kecamatan Klungkung Kabupaten Klungkung Rabu (20/7/2016).

Menurut penuturan ibunya Ni Nyoman Kerti yang setia merawat putrinya tersebut menyampaikan bahwa putrinya mulai mengalami kelumpuhan sejak berumur 4 tahun dan kondisi putrinya dari waktu kewaktu semakin parah dan akhirnya pada tahun 2012 putrinya tersebut lumpuh total dan hanya bisa berbaring di atas tempat tidur. “ Anak saya mulai lumpuh umur 4 tahun tapi masih bisa sekolah, setelah tamat SD kelumpuhannya terus bertambah dan akhirnya tahun 2012  anak saya lumpuh total, tidak bisa berdiri maupun bergerak ,berobat juga sudah ,saya ajak ke puskesmas tapi belum ada hasil” tuturnya sedih.

Baca Juga :  Wujudkan Bali Net Zero Emission Dimulai dengan 100 Persen Energi Terbarukan di Nusa Penida pada 2030

Belum lagi kondisi perekonomian keluarga dangan himpitan kebutuhan yang tidak sedikit membuat Nyoman Kerti dan Suaminya I Wayan Darta  yang sehari harinya hanya bekerja sebagai buruh membuat mereka  pasrah akan kondisi dari putrinya tersebut.

Sementara itu, Kepala Desa  Tojan I Wayan Suastawa yang ikut mendampingi tim Biro Humas saat itu menyampaikan bahwa keluarga I Wayan Darta termasuk salah satu dari 121 KK miskin dari 600 KK yang ada di desanya. Menurutnya pihaknya telah melakukan berbagai upaya dalam menolong keluarga dari Wayan Darta dan menyayangkan pemberitaan media yang mengatakan bahwa Sumadiani belum pernah menerima sumbangan apapun dari pemerintah karena sebenarnya keluarga ini telah mendapatkan bantuan bedah rumah dari program Bali Mandara pada tahun 2014.

Baca Juga :  Wujudkan Bali Net Zero Emission Dimulai dengan 100 Persen Energi Terbarukan di Nusa Penida pada 2030

Dinas Sosial Kabupaten Klungkung juga memberikan bantuan rutin setiap bulannya berupa beras miskin (raskin) serta juga telah memberikan bantuan tempat tidur khusus bagi Sumadiani sejak ia mengalami kelumpuhan total. “ Saya harap ada pemberitaan yang berimbang dari media, mengingat keluarga ini sudah mendapat bantuan dari pemerintah dan tidak seperti yang diberitakan, “ imbuhnya. Dalam kesempatan tersebut, diserahkan bantuan awal dari Gubernur Bali berupa sembako dan sejumlah uang serta diserahkan pula bantuan dari Ny. Ayu Pastika selaku Ketua Badan Koordinasi Kegiatan Kesejahteraan Sosial (BK3S) Provinsi Bali yang juga berupa uang tunai. (bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News