Dies Perikanan UGM
Buka Peringatan Dies Ke-60, Perikanan UGM Tebar 6 Ribu Ekor Ikan. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, YOGYAKARTA – Departemen Perikanan Fakultas Pertanian UGM membuka rangkaian acara dies natalis ke-60 dengan menebar 6.000 ekor ikan di beberapa lokasi di wilayah Kabupaten Sleman dan Kota Yogyakarta, Jumat (12/5/2023).

Ikan yang ditebar berupa ikan nilem dan tawes yang termasuk dalam sepsies lokal Indonesia serta tidak bersifat invasif. Adapun penebaran ikan dilaksanakan di enam lokasi yaitu Sungai Code, Sungai Bedog, Sungai Gajah Wong, Embung Langensari, Embung Tambak Boyo, dan Wisdom Park UGM.

Selain menebar ikan, dalam pembukaan dies natalis tersebut juga dilakukan pembagian 60 paket ikan hias kepada anak-anak dan pengunjung di sekitar kampus UGM. Kegiatan lain dalam pembukaan rangkaian acara dies Departemen Perikanan UGM adalah senam bersama, yang diikuti dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa dari Departemen Perikanan, maupun departemen lain di lingkungan Fakultas Pertanian UGM.

Ketua Departemen Perikanan, Prof. Dr. Ir. Alim Isnanetyo, M.Sc. menyampaikan, bahwa perikanan merupakan salah satu departemen di Fakultas Pertanian yang sudah cukup lama berdiri. Pada tanggal 1 September 2023 nanti, Departemen Perikanan Fakultas Pertanian UGM akan memasuki usia yang ke-60 tahun. Ia pun sangat mendukung kegiatan dies ini dan mengharapkan agar Departemen Perikanan UGM dapat lebih berkontribusi dalam membangun negeri.

Baca Juga :  Bapenda Denpasar Jajaki Bapenda Makassar, Lakukan Studi Komparasi Pendataan Potensi Pajak Daerah

“Harapannya kedepan bisa semakin berkontribusi dalam menumbuhkan dan membangun inovasi dan teknologi di bidang perikanan dan kelautan,” ucapnya.

Dekan Fakultas Pertanian UGM, Ir. Jaka Widada, M.P., Ph.D. dalam sambutannya saat membuka secara resmi rangkaian kegiatan dies ke-60 Departemen Perikanan UGM menyebutkan, Departemen Perikanan merupakan departemen dengan jumlah dosen, mahasiswa, dan tendik terbesar. Oleh karena itu, diharapkan departemen perikanan dapat berkontribusi lebih banyak bagi kesejahteraan masyarakat.

Pembukaan dies natalis dilakukan oleh Dekan Fakultas Pertanian ditandai dengan pemukulan kentong sebanyak 6 kali dengan didampingi 6 pengurus departemen dan program studi, 6 tenaga kependidikan dan 6 mahasiswa.

Ketua peringatan dies natalis ke-60 departemen perikanan, Dr. Eko Setyobudi, S.Pi., M.Si. menjelaskan, rangkaian dies akan dimeriahkan dengan berbagai kegiatan, yaitu pengabdian kepada masyarakat, bakti sosial, Seminar Nasional Hasil Penelitian Perikanan dan Kelautan Perikanan (Semnaskan XX), International Symposium on Marine and Fisheries Research (5th ISMFR), fish expo dan bazaar, Super League and Fish Art, perlombaan, temu alumni dan family gathering. Sedangkan puncak dies Departemen Perikanan UGM akan dilaksanakan pada 1 September 2023.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News