KPS
Lestarikan Sungai Dari Hulu Hingga Ke Hilir, KPS Jempiring Putih Bersihkan Tukad Paang Indah Penatih. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Komunitas Peduli Sungai (KPS) Jempiring Putih Kelurahan Penatih bersama tim kebersihan Kelurahan Penatih, Minggu (5/3/2023) sore membersihkan Tukad Paang Indah, yang melintasi Kelurahan Penatih. Aksi bersih sungai dipimpin Kasi Pemerintahan, Ketenteraman dan Ketertiban Umum dan Kebersihan, I Made Larayasa bersama Ketua KPS Jempiring Putih, I Wayan Sana.

Lurah Penatih, I Wayan Murda mengatakan, kegiatan ini merupakan semangat gotong-royong dengan visi misi penyelamatan dan pelestarian lingkungan utamanya pada aliran Tukad Paang Indah. Sungai memiliki fungsi yang penting sebagai sumber kehidupan, urat nadi kehidupan dan sebagai pusat peradaban dan kelangsungan hidup manusia.

Baca Juga :  Naluriku Menari Siap Digelar di Kota Denpasar, Jadi Ruang Kreativitas untuk Asah Skill Generasi Muda di Bidang Seni Tari

“Diperlukan perawatan atau restorasi agar keberadaannya tidak menimbulkan masalah dan degradasi fungsi sungai karena ulah manusia. Peran sungai tidak terlepas dari pengelolaan daerah aliran sungai di daerah hulu maupun hilir yang menjadi pusat konflik penataan lahan antara fungsinya sebagai pengaman ekologi di satu pihak dan sebagai input untuk peningkatan kesejahteraan manusia disekitarnya,” ujar Murda didampingi Made Larayasa.

Kedepannya semua pihak bisa mendukung komunitas-komunitas peduli sungai, karena komunitas peduli sungai merupakan mitra pemerintah dan masyarakat dalam melaksanakan pengelolaan sungai. Kemudian yang tidak kalah penting adalah masyarakat perlu diberikan edukasi akan pentingnya potensi dan manfaat sungai.

Baca Juga :  Prakiraan Musim Kemarau Provinsi Bali Tahun 2024

“Tentu saja pemerintah dan masyarakat yang harus bekerja sama secara sinergi untuk keberlangsungan sungai sebagai sumber kehidupan bagi manusia penghuni bumi,” pungkasnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News