PLN
Kawal Pelaksanaan SOE International Conference, PLN Siapkan Skema Listrik Tanpa Kedip. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – PT PLN (Persero) sukses hadirkan listrik tanpa kedip pada pembukaan kegiatan State-Own Enterprises (SOE) International Conference di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Senin (17/10/2022).

General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Bali, I Wayan Udayana menyampaikan, PLN menerapkan strategi operasi yang dilaksanakan untuk menjaga keandalan dan kontinyuitas penyaluran tenaga listrik selama kegiatan berlangsung, yakni dengan mengoptimalkan adaptive defense scheme yakni menetapkan pengamanan pasokan listrik secara berlapis sehingga mampu menghadirkan listrik tanpa kedip.

“Jika terjadi gangguan, yakni terputusnya penyaluran listrik dari jaringan, PLN telah menyiapkan skema penanganan dengan menggunakan back-up supply yang akan berpindah secara otomatis tanpa kedip, sehingga pelanggan tidak akan terganggu, dan acara akan tetap berjalan lancar,” ungkapnya.

Udayana menyebutkan saat ini neraca daya PLN dalam kondisi surplus, dengan cadangan daya mencapai 26 persen.

Baca Juga :  Bupati Tamba Hadiri Peringatan Hari Vegan Sedunia

“Beban puncak kami perhitungkan mencapai 848,6 MW dengan daya mampu pembangkit secara keseluruhan di sistem Bali mencapai 1.146 MW, itu artinya pasokan listrik dalam kondisi aman dengan cadangan daya mencapai 297,4 MW,” jelasnya.

Tak hanya itu, PLN juga menyiapkan cadangan pasokan melalui sarana pendukung antara lain 3 unit UPS mobile berkapasitas 250 kVA, 100 kVA, dan 30 kVA. Selain itu PLN juga berkoordinasi dengan pelanggan pemilik ¬venue untuk melakukan pengecekan pada back-up supply listrik milik pelanggan yakni 2 unit genset berkapasitas 1.250 kVA dan 1 unit genset 1.000 kVA.

Baca Juga :  Komunitas Honda CBR Bali Ikuti 3 Seri Indonesia CBR Race Day 2018 Di Jakarta

“Selama kegiatan berlangsung, sebanyak 28 personil tim dari PLN Bali ditugaskan untuk siap siaga dan ditempatkan di lokasi kegiatan yakni di BNDCC,” ucap Udayana.

Menurutnya, keandalan pasokan listrik turut menjadi kunci penting suksesnya penyelenggaraan berbagai event di Bali tak terkecuali SOE International Conference yang merupakan bagian dari agenda Road to G20 dari Trade, Industry and Investment Working Group (TIIIWG).

“Semangat kami menghadirkan listrik tanpa kedip khususnya pada kegiatan Presidensi G20, untuk itu kami berharap agar masyarakat turut mendukung dengan secara aktif melapor jika menemukan potensi bahaya listrik di dekat jaringan listrik melalui aplikasi PLN Mobile,” pungkasnya.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini