feb unud
Ngurah Gede Dwi Mahadipta Raih Gelar Doktor Ilmu Ekonomi FEB Unud. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Pertumbuhan ekonomi nasional sangat ditentukan oleh dinamika perekonomian daerah, sedangkan perekonomian daerah pada umumnya ditopang oleh kegiatan ekonomi bersekala mikro, kecil dan menengah.

Keberadaan UMKM di Bali tersebar di 9 kabupaten kota dimana UMKM di Bali berkembang pesat di kabupaten Badung dan Kota Denpasar. Kerajinan yang berkembang di Kota Denpasar merupakan suatu bentuk perpaduan antara keterampilan tangan dengan nilai-nilai seni yang tak terpisahkan dari kearifan lokal Bali disamping adanya peran pemerintah, modal sosial, teknologi informasi komunikasi yang akan menunjang kinerja dan kesejahteraan pelaku UMKM kerajinan di Kota Denpasar.

Baca Juga :  Indosat Ooredoo Hutchison Mempersembahkan Kampanye ‘Indosat Berkah Ramadan 2024’

“Penelitian ini dilakukan terhadap UMKM kerajinan di Kota Denpasar. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner bagi pelaku UMKM kerajinan di Kota Denpasar dengan jumlah seluruhnya 146 UMKM. Analisis data dilakukan dengan metode SEM-PLS,”terang Ngurah Gede Dwi Mahadipta.

Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Secara langsung Peran pemerintah, kearifan lokal dan teknologi informasi komunikasi telah mampu meningkatkan modal sosial pelaku UMKM kerajinan di Kota Denpasar.

Selanjutnya Kearifan lokal dan teknologi informasi komunikasi telah berperan secara optimal namun peran pemerintah dan modal sosial belum mampu secara optimal meningkatkan kinerja usaha pada pelaku UMKM kerajinan di Kota Denpasar. Kearifan lokal, teknologi informasi komunikasi, modal sosial dan kinerja usaha mampu berperan secara optimal namun peran pemerintah beum mampu secara optimal meningkatkan kesejahteraan pelaku UMKM kerajinan di Kota Denpasar.

Demikian topik yang diangkat oleh Promovendus, Ngurah Gede Dwi Mahadipta, ST., MT., pada kesempatan yang berbahagia ini dilaksanakan secara Offline, dimana Promotor dari Promovendus ini adalah Prof. Dr. I Made Suyana Utama, SE., MS., serta Kopromotor Dr. I Gusti Wayan Murjana Yasa, S.E., M.Si., dan Kopromotor II adalah Dr. Ni Putu Wiwin Setyari, SE, M.Si.

Baca Juga :  Jaring Ratusan Front Line People Terbaik, Astra Motor Bali Gelar Seleksi Tahap 1 KLHN 2024 Regional

Ujian ini dipimpin oleh Ketua Sidang yang pada kesempatan ini dipimpin oleh Wakil  Dekan Bidang Akademik dan Perencanaan, Dr. Ida Bagus Putu Purbadharmaja, SE., ME. Promovendus merupakan Seorang dosen di Sekolah Tinggi Desain Bali. Promovendus berhasil lulus ujian dengan predikat Memuaskan. (unud.ac.id/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News