Ikan Lele
Program Padat Karya Berbasis Hewani, Desa Sumerta Kelod Tebar 10 Ribu Bibit Ikan Lele. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Desa Sumerta Kelod menebar 10 ribu bibit ikan lele di Tukad Empelan Turbin Desa Sumerta Kelod. Pelaksanaan kegiatan ini merupakan program dari Padat Karya Tunai Ketahanan Hewani. Hal ini disampaikan Perbekel Desa Sumerta Kelod, I Gusti Ketut Anom Suardana saat dihubungi pada Sabtu (20/8/2022).

Lebih lanjut ia mengatakan dalam melaksanakan program padat karya berbasis hewani ini melibatkan Komunitas Tukad Empelan Tubin dimana orang-orang tersebut yang terdampak dari covid 19.

“Sehingga sesuai kebijakan pemerintah pusat dalam program padat karya ini kami memperdayakan masyarakat yang terdampak Covid-19,” katanya.

Kegiatan ini diikuti 30 orang yang tergabung dalam komunitas tersebut punya kewajiban untuk memeliara ikan lele yang diberikan dan tanaman sayuran yang telah ditanamam. Setelah panen hasilnya akan dibawa ke Bumdes untuk dijual dan hasilnya dikembalikan ke kelompok. Mereka sendiri yang mengelola apakah untuk dibagi dan hasil penjualan untuk diputar kembali.

Baca Juga :  Beli Spare Part Motor Honda Kini Lebih Praktis dengan Motorku X

Dalam hal ini Anom mengaku pihak desa membantu mereka dalam pemberian bibit dan terpal untuk membuat kolam lele.

Dalam upaya mensejahterakan masyarakat di Desa Sumerta Kelod juga ada Komunitas Mina Mesari yang juga melaksanakan program padat karya tunai. Namun komunitas yang baru ini anggotanya hanya 12 orang.

Dengan adanya program ini masyarakat bisa terbantu dari dampak Covid-19. Sehingga mereka bisa memenuhui kebutuhan pokoknya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News