Jembrana Clean Up Day
Tanam 100 Pinang Betara di Jembrana Clean Up Day. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JEMBRANA – Penanganan masalah sampah terutama sampah plastik menjadi perhatian Bupati Jembrana, I Nengah Tamba. Salah satu wujud mengatasi permasalahan sampah tersebut, Bupati Tamba memimpin kegiatan pembersihan yang bertajuk Social Event From Gumi Makepung Jembrana Clean Up Day pada Jumat (27/5/2022) bertempat di Pantai Desa Yeh Sumbul, Kecamatan Mendoyo, Jembrana.

Kegiatan tersebut diisi dengan pembersihan sampah plastik dan juga penanaman 100 bibit pohon Pinang Betara di kawasan pantai yang diikuti oleh Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jembrana, jajaran pemerintah desa dan kecamatan, kepolisian, siswa-siswi dan masyarakat sekitar pantai Yeh Sumbul.

Di sela-sela kegiatan, Bupati Tamba menyampaikan bahwa penanaman pohon Pinang Betara ini merupakan Program Bupati Jembrana yang nantinya dapat menjadi sumber pendapatan tambahan bagi masyarakat desa.

“Hari ini saya bersama teman-teman PHRI dan seluruh masyarakat desa Yeh Sumbul melakukan kegiatan bersih-bersih pantai dan juga menanam pohon Pinang Betara. Pinang Betara ini memiliki bentuk bagus dan cantik, serta ketika sudah besar bermanfaat dari sisi ekonomi karena akan berbuah dan buahnya bisa dijual. Ini program Bupati Jembrana, seluruh jalan desa kita tanami dengan Pinang Betara. Astungkara ini akan menjadi pendapatan untuk desa masing-masing”, ujar Tamba.

Baca Juga :  Bupati Tamba Gelar Buka Puasa Bersama Warga Cupel dan Pengambengan

Lebih lanjut Bupati Tamba berpesan agar kegiatan pembersihan ini tidak hanya dilakukan di pantai saja, tapi harus dimulai dari diri sendiri. “Jangan hari ini saja bersih pantainya, dimulai dengan diri sendiri, sadar untuk menjaga kebersihan masing-masing. Dan tentunya bapak Bupati ingatkan untuk ikut berperan dalam menjaga lingkungan. Jangan membuang sampah sembarangan,” tandas Bupati asal Desa Kaliakah ini.

Terkait dengan rencana Pemerintah Desa bersama PHRI menata kawasan pantai Yeh Sumbul, Bupati Tamba sangat mengapresiasi hal tersebut, yang mana dapat menumbuhkan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah.

Baca Juga :  Tiga Tahun Kepemimpinan Tamba-Ipat, Wabup Ipat Berbagi Kasih di RSU Negara

“Pak Kepala Desa niatnya sudah bagus, ingin menata pantai Yeh Sumbul ini. Saya setuju, nanti beberapa booth UMKM didirikan disini. Teman-teman UMKM kita, khusus untuk kegiatan di sektor pariwisata yang dimotori teman-teman PHRI akan membangkitkan pantai Yeh Sumbul ini menjadi destinasi kuliner di Kecamatan Mendoyo,” harap Tamba.

Sementara itu, Perbekel Desa Yeh Sumbul I Putu Gede Diantariksa mengungkapkan rasa terima kasihnya atas kehadiran Bupati Tamba di acara Jembrana Clean Up Day di kawasan Pantai Yeh Sumbul ini.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati Jembrana yang telah meluangkan waktu untuk bisa hadir ke Pantai Desa Yeh Sumbul. Saya harapkan dengan kehadiran Bapak Bupati yang merespon baik keadaan alam yang ada di Yeh Sumbul, tentunya ke depan beliau bersama cikal bakal Pokdarwis akan membuat angkringan yang bisa memberikan motivasi awal,” ucapnya.

Baca Juga :  Melalui Masikian Festival, Bupati Tamba Ajak Anak Muda Lebih Kreatif

Ia juga menyampaikan harapannya agar seluruh masyarakat desa Yeh Sumbul dapat menjaga kelestarian lingkungan yang bisa menarik minat investor untuk kemajuan desa.

“Semoga ke depan dengan adanya motivasi Bapak Bupati, kami selaku pelayan dan juga masyarakat desa Yeh Sumbul, saya harapkan bisa berpartisipasi aktif dalam menjaga kelestarian alam. Sehingga bisa menopang kehadiran tamu-tamu maupun investor untuk pengembangan desa, tentu ini langkah awal dalam memperoleh pendapatan desa dan kemajuan desa Yeh Sumbul,” pungkas Diantariksa.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News