Pitra Puja
'Pitra Puja' Sebuah Tradisi Penghormatan untuk I Gusti Ngurah Rai. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-65, Kodam IX/Udayana melaksanakan Pitra Puja kehormatan yang diberikan kepada Brigjen Anumerta I Gusti Ngurah Rai sebagai pahlawan bangsa yang berjasa dalam perang kemerdekaan tahun 1945 /1946 dan sekaligus sebagai pimpinan Resimen Sunda Kecil bermarkas di Markas Besar Oemoem Dewan Perjuangan Rakyat Indonesia Sunda Kecil (MBO DPRI SK), di Banjar Munduk Malang, Desa Dalang, Kecamatan Selemadeg Timur, Kabupaten Tabanan, Bali.

Sebagaimana diketahui di tempat bersejarah ini merupakan cikal bakal berdirinya Kodam IX/Udayana yang saat ini berkedudukan di Kota Denpasar. Kegiatan Pitra Puja itu sendiri dilaksanakan di Puri I Gusti Ngurah Rai di Carangsari, Badung, Senin (23/5/2022).

Baca Juga :  Kongres AOTA ke-14 di Bali, Menyoroti Inovasi Terkini dalam Penelitian dan Pengobatan Tiroid

Pitra puja dimaknai sebagai penghormatan atau pemujaan kepada para leluhur yang telah mendahului kita, yakni sesuai garis purusa yang disetanakan pada tempat-tempat pemujaan, seperti; sanggah/merajan, pura dadia, panti, paibon yang tergolong pura kawitan atau pura leluhur.

Acara Pitra Puja diawali dengan pendahuluan yaitu matur piuning (memohon restu) dilanjutkan acara pokok yaitu pementasan Tari Baris yang merupakan tari kesukaan I Gusti Ngurah Rai. Menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, pembacaan narasi I Gusti Ngurah Rai dan Resimen Sunda Kecil-nya sebagai cikal bakal pembentukan Kodam IX/Udayana. Kemudian dilanjutkan dengan persembahyangan, doa bersama, sambutan Keluarga Pahlawan I Gusti Ngurah Rai, sambutan Pangdam IX/Udayana dilanjutkan penyerahan tali asih.

Baca Juga :  ITDC Siap Sambut World Water Forum Ke-10

I Gusti Ngurah Gede Yudana yang merupakan putra sulung I Gusti Ngurah Rai menyampaikan ucapan selamat datang di Puri Ngurah Rai dan menyampaikan penghargaan yang luar biasa kepada Pangdam IX/Udayana atas pelaksanaan acara tradisi Pitra Puja I Gusti Ngurah Rai, yang dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT ke-65 Kodam IX/Udayana.

Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Sonny Aprianto, S.E., M.M., dalam sambutannya mengajak kita semua untuk selalu menghormati semangat juang tanpa pamrih I Gusti Ngurah Rai bersama Pasukan Ciung Wanara-nya.

“Acara Pitra Puja ini penanda sekaligus momentum bagi kita segenap generasi penerus bangsa untuk menjadikan nilai-nilai luhur perjuangan pahlawan nasional I Gusti Ngurah Rai sebagai suri teladan dan pedoman bagi kita semua, tidak saja bagi Prajurit TNI tetapi juga bagi segenap warga masyarakat, demi menjaga keutuhan dan tetap tegak kokohnya Negara Kesatuan Republik Indonesia,” jelas Pangdam.

Sementara itu Kepala Pembinaan Mental dan Sejarah (Kabintaljarah) Kodam IX/Udayana I Gusti Ngurah Wilantara, S.E., M.M., menyebut dalam Pitra Puja ini, Prajurit Kodam IX/Udayana mendoakan Brigjen Anumerta I Gusti Ngurah Rai agar mendapat tempat terbaik di alam Brahman sesuai dengan karma baiknya serta memohon untuk mendapatkan jalan terbaik untuk melanjutkan perjuangan pahlawan kebanggaan Bali, Brigjen Anumerta I Gusti Ngurah Rai. (bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News