Pemasaran Online Bisnis Kuliner
Menu Mie Goreng di The Lantry. Sumber Foto : tis/bpn

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Salah satu bisnis yang meningkat peminatnya setiap tahun adalah bisnis kuliner. Hal tersebut karena makanan dan minuman adalah salah satu kebutuhan pokok manusia dan terus berinovasi mengikuti tren yang ada. Namun di era digital seperti sekarang ini, tentu ada beberapa strategi pemasaran online untuk bisnis makanan online yang perlu kamu tahu.

Strategi pemasaran online untuk bisnis makanan 

Semakin banyak bisnis kuliner yang serupa tentu membuat membuat persaingan di pasaran sangat ketat. Hal itu pun memicu setiap bisnis makanan harus memiliki cara pemasaran yang tepat khususnya melalui jalur online.

Strategi pemasaran online ini harus dilakukan dengan tepat, tujuannya agar bisnis kuliner milkmu semakin dikenal banyak orang dan lebih unggul dibanding dengan kompetitor.

Dan berikut ini beberapa strategi pemasaran online yang tepat untuk bisnis makanan: 

  1. Melakukan pemasaran melalui media sosial 

Pengguna media sosial saat ini memang semakin meningkat, bukan lagi sekadar mencari informasi lewat Google saja, tapi juga dari berbagai platform seperti Instagram, Facebook, Youtube hingga TikTok.

Oleh sebab itu pemasaran online melalui media sosial merupakan salah satu strategi yang efektif. Cara pemasaran yang satu ini biasa juga disebut sebagai social media marketing.

Dari banyaknya pilihan platform media sosial yang ada, kamu dapat menggunakan salah satunya dan pastikan sesuai dengan target klien.

Apabila target pelanggan atau klien memiliki umur yang relatif lebih muda, maka penggunaan platform Instagram bisa menjadi pilihan tepat.

Namun, apabila target pembeli adalah kalangan yang lebih tua, penggunaan Facebook masih menjadi media sosial yang tepat untuk kamu gunakan.

Ketika kamu menjalankan pemasaran online melalui media sosial,  ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu seperti riset target pasar, tujuan atau goals yang jelas, analisis kompetitor.

Tak ketinggalan untuk mendukung pemasaran online, kamu juga harus membuat konten yang relevan dan menarik dengan bisnis, tetapkan waktu mengunggah konten, gunakan iklan berbayar dari platform media sosial atau ads dan terakhir pastikan selalu evaluasi.

  1. Mengadakan promo saat momen khusus

Mengadakan promo-promo di momen khusus juga masih menjadi strategi pemasaran online yang efektif. Sebagai contoh, beberapa orang akan berbelanja makanan atau minuman lebih banyak dari sebelumnya.

 Tentu saja hal ini bisa menjadi kesempatan untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan. Pastikan kamu membuat berbagai promo yang dapat menarik perhatian banyak orang. Memberi potongan harga pada produk tertentu atau cashback bisa menjadi cara yang tepat.

  1. Menggunakan pemasaran online melalui influencer
Baca Juga :  DPD MAPPI Bali Nusra Gelar Musyawarah Daerah II

Peran influencer saat ini terbilang cukup penting dalam dunia pemasaran. Banyak pengikut mereka di media sosial, percaya dengan pesan pemasaran bisnis yang disampaikan.

Oleh sebab itu, pemasaran melalui influencer ini sangat efektif. Biarkan mereka merekomendasikan bisnis makanan dan minuman yang kamu miliki. Dengan begitu, jangkauan target pasar bisnis milikmu akan semakin luas.

Dan berikut ini beberapa kriteria influencer yang tepat untuk bisa diajak bekerja sama dalam bisnis:  

Memiliki target pasar yang sesuai dengan bisnis

Kamu harus mengetahui target pasar influencer dan bisnis milikmu. Kriteria ini menjadi hal penting untuk mengetahui kelompok konsumen secara rinci, sehingga bisa menerapkan langkah promosi yang sesuai sasaran.

Memiliki engagement yang baik dengan pengikut di media sosial 

Selain memiliki pengikut yang banyak di media sosial, kamu juga harus memastikan bahwa influencer punya interaksi atau engagement cukup baik dengan pengikutnya.

Hal ini penting untuk diperhatikan karena bisa menjadi tolok ukur bagaimana promosi produk akan menyentuh calon konsumen.

  1. Membuat situs website

Selain itu, membuat situs website juga menjadi media pemasaran online yang efektif untuk bisnis kuliner.

Dengan membuat situs website khusus bisnis kuliner milikmu, tentu dapat menampilkan informasi yang lebih rinci dibandingkan media lainnya. Kamu bisa pelajari cara membuat blog makanan dengan mudah di sini.

Baca Juga :  Di Bali, SMK PGRI 3 Denpasar Dipercaya Jadi LSP

Tak hanya itu saja, website juga mampu meningkatkan kredibilitas atau kepercayaan pelanggan serta bisa online selama 24 jam.

Namun dalam pembuatan situs website ini kamu perlu menyesuaikan dengan layanan hosting yang dipakai.

Apabila berencana untuk memiliki jumlah pengunjung website yang cukup tinggi sebaiknya gunakan layanan hosting yang mampu menampung trafik tinggi. Agar lebih jelas, berikut pengertian web hosting secara rinci.

  1. Bergabung dengan aplikasi online

Saat ini marketplace atau aplikasi online untuk bisnis sudah banyak tersedia. Kamu bisa menggunakan platform ini sebagai strategi pemasaran bisnis makanan yang efektif.

Sebagai contoh kamu bisa ikut bergabung dengan bisnis ojek online, kehadirannya sangat membantu para pelaku usaha kuliner dalam promosi.

Cara ini akan memberikan dampak yang positif karena kamu bisa mendapatkan lebih banyak calon klien, serta meningkatkan pendapatan bisnis.

Itulah beberapa strategi pemasaran online untuk bisnis makanan yang bisa kamu coba lakukan. Namun sebelum melakukannya, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu target pasar sesuai bisnis agar media pemasaran yang digunakan bisa berjalan efektif.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini