Sepi
Kedatangan Internasional ke Bali Masih Sepi. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Pasca dibukanya pintu masuk Pariwisata ke Bali pada Kamis (14/10/2021) kemarin, kedatangan internasional di Bandara I Gusti Ngurah Rai masih terpantau sepi. Belum ada terlihat pesawat internasional mendarat pada hari kedua pembukaan pintu masuk wisatawan mancanegara (wisman) pada Jumat (15/10/2021) siang.

Perwakilan Humas Bandara I Gusti Ngurah Rai, Taufan Yudhistira menjelaskan, meski sudah ditetapkan sebagai pintu kedatangan Warga Negara Asing (WNA) melalui keputusan Surat Edaran (SE) Satgas Covid-19 Nasional, namun Bandara Ngurah Rai belum bisa menerima kedatangan internasional, dikarenakan pihak bandara belum mendapat SE resmi dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub RI) perihal izin penerbangan internasional di Bali.

Baca Juga :  Wagub Cok Ace: Pintu Dibuka, Bali Siap Terima Wisman

“Memang kami belum bisa menerima penerbangan internasional, karena memang sesuai SE Kemenhub bahwa penerbangan internasional hingga sampai saat ini masih hanya dilayani di Bandara Soekarno Hatta dan juga Bandara Samratulangi. Tetapi Bali sudah ditetapkan sebagai tempat kedatangan internasional sesuai dengan SE Kemenkumham dan Satgas Covid-19 Nasional,” jelasnya.

Selanjutnya, pihak Bandara Ngurah Rai juga belum dapat memprediksi, sampai kapan hal ini akan terjadi. Walaupun SE dari Kementerian Perhubungan sudah dikeluarkan, kedatangan wisatawan mancanegara masih sangat tergantung dari tiap-tiap maskapai yang ada Negara masing-masing.

Baca Juga :  Wabup Diar Serahkan SK Pembentukan Banjar Dinas Sabang Kelod dan Mayungan

“Ini semua tergantung kepada maskapai yang ada di tiap-tiap Negara, bagaimana strategi mereka unutk komersialisasi tiketnya untuk ke Bali. Selain itu, untuk kedatangan internasional saat ini Bandara Ngurah Rai hanya melayani beberapa penerbangan khusus, atau charter untuk repatriasi yang masuk dalam regulasi khusus bandara,” terangnya. (aar/bpn)

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here