Youth
Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara didampingi Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa dan Sekda Kota Denpasar, IB Alit Wiradana saat Jumpa Media terkait pelaksanaan D'Youth Fest 2021 di Dharma Negara Alaya Kota Denpasar, Senin (11/10/2021). Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Pemkot Denpasar melalui Dinas Pariwisata bersama Badan Kreatif (Bekraf) dan Komuinitas Kota Denpasar siap menggelar Denpasar Youth Festival (D’Youth Fest) Tahun 2021. Rencananya, kegiatan yang diharapkan menjadi ruang ekspresi dan kreatifitas anak muda Kota Denpasar yang juga dirangkaikan dengan Peringatan Hari Sumpah Pemuda ini  akan dibuka pada 16 Oktober dan akan berlangsung hingga 7 November mendatang.

Hal ini diungkapkan Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara didampingi Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa dan Sekda Kota Denpasar, IB Alit Wiradana saat Jumpa Media di Dharma Negara Alaya Kota Denpasar, Senin (11/10/2021).

Tampak hadir juga dalam kesempatan tersebut Kadis Pariwisata Kota Denpasar, MA Dezire Mulyani, Ketua Harian Bekraf Kota Denpasar, I Putu Yuliarta, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan I Dewa Gede Rai dan Kabid Pengembangan Sumber Daya Pariwisata dan Ekraf, I Wayan Hendaryana.

Dalam kesempatan tersebut, Walikota Jaya Negara mengatakan, Pandemi Covid-19 yang berkepanjangan telah membatasi gerak dan jarak hampir seluruh masyarakat dunia, tak terkecuali, masyarakat di Kota Denpasar. Pun demikian, bagi masyarakat kreatif, terutama kalangan muda, apa pun yang terjadi, pilihannya yakni terus bergerak maju, berkreasi dan berinovasi menyiasati situasi dan kondisi meski harus menyesuaikan diri dengan menerapkan protokol kesehatan.

Baca Juga :  Dukung Puteri Bali, Ida Mahendra Jaya Turut Nobar Grand Final Puteri Indonesia 2024

“Sesuai visi ‘Denpasar Kota Kreatif Berwawasan Budaya Menuju Denpasar Maju’. Kami memberikan ruang kreatifitas generasi muda menciptakan aksi, memberikan reaksi dan menghasilkan kreasi dalam pengembangan potensinya, meski demikian, penerapan protokol kesehatan menjadi point penting pelaksanaan kegiatan ini,” jelas Jaya Negara yang juga seorang seniman.

Jaya Negara menjelaskan, pada gelaran kali ini, spirit I Tengkek Ngindang atau Burung Raja Udang Biru maskot kebanggan Kota Denpasar menjadi ikon pelaksanaan D’Youth Fest Tahun 2021 ini.  Hal ini melambangkan simbul kekuatan, ketangkasan dan kelincahan.

“Diharapkan spirit ini mampu membawa kaula muda di Kota Denpasar dengan semangat mengejar prestasi dan untuk menyemangati kaum muda agar mereka selalu tampil di muka memberi inspirasi untuk tetap bergerak dan menunjukkan pesona guna memberi warna indah pada masyarakat sekitar agar tetap riang dan penuh semangat,” ujar Jaya Negara.

Sementara itu, Kadis Pariwisata Kota Denpasar, MA Dezire Mulyani bersama Ketua Harian Bekraf Kota Denpasar, I Putu Yuliarta dan  Kabid Pengembangan Sumber Daya Pariwisata dan Ekraf, I Wayan Hendaryana menambahkan, event D’Youth Fest 2021 ini melibatkan sedikitnya 1.000 merchat UMKM di Kota Denpasar. Pelaksanaan kegiatan ini terlaksana atas kolaborasi pemerintah, swasta, komunitas serta akademisi dengan bkraf Denpasar.

“Moment event ini selain kompetisi dan exebition kami juga menghadirkan starter kit bussines berupa 1 booth distro dan angkringan, peresmian blockchain center serta  pelatihan untuk menambah soft skill generasi muda,” jelasnya.

“Bersama-sama juga bergerak menumbuhkan jiwa wirausaha sehingga unggul dalam kualitas SDM, dan menjadi wahana yang memberikan kesempatan bagi mereka untuk berkarya dengan kreatfitas tanpa batas sekaligus memperkuat tradisi namun tetap adaptasi dengan digitalisasi,” imbuhnya.

Dijelaskan lebih lanjut, Denpasar Youth Fest 2021 akan hadir dan dilaksanakan secara hybrid system di Dharma Negara Alaya dan Kawasan Tukad Bindu Kesiman mulai tanggal 16 Oktober hingga 7 November mendatang. Sajian kompetisi, exebition dari festival yang melibatkan anak muda mulai dari Sekeha Teruna-Teruni, Siswa-Siswi SMA/SMK, Komunitas, dan Kelompok ini dikemas dalam beragam kegiatan. Yakni Lomba Tari Tradisional, Lomba Busana Adat, Lomba Lagu Pop, Lomba Aransemen Lagu TTD, Lomba Gong Suling Virtual, Lomba Baleganjur Virtual Alaya Khoreography Dance Competition, Lomba Kostum Carnaval dan Festival.

Baca Juga :  Hingga Akhir Februari, Kanwil DJP Bali Bukukan Penerimaan Pajak Sebesar Rp2,24 Triliun

Selanjutnya juga turut dilaksanakan Lomba Design Illustration, Lomba Video Creatie Media Tik Tok, Lomba Cover Jingle, DNA Live, Pameran Seni Badan Birokrasi (PSBB), Denpasar Barber Viesta, D’Youth Skateboard Competition, Signature Barista Competition, D’Youth Mini 4WD Open Race, Student Band Battle, dan D’Youth Photography Contest.

“Harapan kami tentu kegiatan ini dapat berjalan lancar, selain memberikan ruang ekspresi dan kreatifitas, penerapan protokol kesehatan juga terus kami optimalkan, termasuk penerapan aplikasi PeduliLindungi, dengan harapan mampu memberikan keseimbangan antara kesehatan, ekonomi dan kreatifitas di masa pandemic saat ini,” harapnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News