PLN
Dorong Produktivitas, 1.087 Pelaku Usaha Pertanian Nikmati Program Electrifying Agriculture PLN. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Sejak peluncuran program Electrifying Agriculture Oktober 2020, PLN UID Bali mencatat 1.087 pelaku usaha di bidang pertanian, perkebunan, peternakan hingga perikanan telah bergabung mengikuti program ini. Total daya tersambung sebesar September2021 9,39 MVA.

“Antusiasme dari pelaku usaha ini menandakan program Electrifying Agriculture telah berhasil membuktikan efisiensi dan produktivitas bagi usaha mereka,” jelas Oscar Praditya, Manager Pemasaran PLN UID Bali, Jumat (29/10/2021).

Oscar menjelaskan rata-rata penghematan biaya operasional yang dapat dicapai oleh pelaku usaha agrikultur jika menggunakan mesin berbasis listrik sekitar 62,20 persen.

“Efisiensi dan penghematan ini diharapkan mampu memotivasi para pelaku usaha sekaligus juga bisa meningkatkan kemampuan produksinya sehingga nantinya perekonomian Bali mampu terangkat melalui sektor agrikultur ini,” ujarnya.

Baca Juga :  Sagung Antari Jaya Negara Buka Pelatihan dan Sosialisasi PMT Bagi Kader Posyandu di Sumerta Kauh

Pihaknya menambahkan, melalui program ini PLN tidak hanya mendorong produktivitas dan efisiensi bagi pelanggan namun juga memberikan kemudahan akses listrik dan modal.

“Kami bekerja sama dengan pihak perbankan untuk memberikan kemudahan bagi para pelaku usaha agrikultur yang ingin beralih menggunakan mesin–mesin berbasis listrik, sehingga mereka tidak kesulitan dalam hal permodalan untuk membeli peralatan tersebut,” jelasnya.

PLN sebagai katalisator pembangunan menurutnya memiliki peran penting untuk mendukung pelaku usaha memodernisasi usahanya melalui kelistrikan.

“Kami berharap kehadiran listrik di tengah sawah, ladang, tambak hingga peternakan membawa berkah dan mendatangkan kesejahteraan bagi pelanggan Electrifying Agriculture,” harap Oscar.

Baca Juga :  Astra Motor Bali Edukasi Safety Riding Private Company Bangun Budaya #Cari_Aman

Di Bali, program ini telah dinikmati dalam beragam bentuk antara lain penggunaan pompa dan mesin penggilingan berbasis listrik oleh petani bawang di Kintamani, penggunaan lampu untuk perkebunan buah naga di Gianyar, serta peternak ayam dengan sistem kandang tertutup di Klungkung.

Selain itu juga terdapat juga pemilik tambak udang venema di Jembrana yang turut memanfaatkan program ini demi efisiensi usahanya. Melalui pelikan yakni pelayanan listrik perikanan yang diinisiasi PLN UP3 Bali Utara, I Made Nursiman, pemilik tambak udang tersebut merasakan kemudahan dalam menjalankan usahanya.

Baca Juga :  Sekda Alit Wiradana Lepas Mudik Bersama BUMN PT Pegadaian Kanwil VII

“Kalau menggunakan mesin diesel sehari semalam bisa menghabiskan biaya sekitar Rp50 ribu, sedangkan dengan mesin listrik hanya menghabiskan Rp20 ribu,” ungkap Made.(bpn)

Ia pun memuji kesigapan pelayanan PLN dalam merespon permintaan penyambungan untuk tambaknya, sehingga ia pun cepat merasakan manfaat dari program ini.

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News