Bencana Alam
Tingkatkan Kemampuan Mitigasi, Bimtek SPAB Kembali Digelar di Buleleng. Sumber Foto : Istimewa

Sementara itu, Analis Kebijakan Ahli Madya Direktorat Mitigasi Bencana BNPB Meylina Wulandari menjelaskan tujuan audiensi ini untuk dapat melibatkan kepala daerah dalam pelaksanaan Bimtek SPAB dan tindaklanjutnya. Karena Bimtek ini akan ada kelanjutannya yakni pelaksanaan implementasi yang menghasilkan fasilitator daerah, kemudian melanjutkan implementasi ke sekolah-sekolah binaannya.

 “Tahun 2019, Bimtek SPAB sudah pernah dilaksanakan di Buleleng yang bekerjasama dengan gerakan kepanduan Pramuka. Kami berharap pada Bimtek SPAB 2021 ini fasilitator yang dulu pernah ikut di tahun 2019 bisa dilibatkan. Sehingga fasilitator daerah yang kami hasilkan dari Bimtek tahun ini bisa lebih memasifkan SPAB,” harapnya.

Baca Juga :  Ranperda Kabupaten Buleleng Tentang Perubahan APBD TA 2021 Disepakati

Dilokasi yang sama, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Buleleng Made Astika mengungkapkan hal ini sesuai dengan implementasi Permendikbud Nomor 33 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Program Satuan Pendidikan Aman Bencana (Program SPAB) adalah upaya pencegahan dan penanggulangan dampak Bencana di Satuan Pendidikan. Kegiatan ini diawali dengan Rapat Koordinasi yang akan dilakukan pada 2 September 2021 mendatang. Kemudian menentukan sasaran. Sementara saat ini sasarannya ada 40 satuan pendidikan di Kabupaten Buleleng.

“Tentunya nanti tidak akan hanya 40 satuan pendidikan saja sasarannya, berkembang lagi agar seluruh satuan pendidikan memiliki SPAB,” pungkasnya.(adv/bpn)

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here