PMI
PMI Buleleng Jalin Kerjasama dengan Dua Lembaga Pendidikan. Sumber Foto : Istimewa

Salah satunya adalah S1 Keperawatan. Dalam masa studi, mahasiswa diwajibkan untuk melakukan penelitian maupun praktek kerja lapangan. Dalam hal tersebut, mahasiswa bisa direkrut sebagai relawan. Dihaapkan pula STIKES Rana Wijaya bisa membentuk KSR Unit.

“Tergantung dari jumlah mahasiswanya. Karena STIKES Rana Wijaya tergolong baru dan belum terlalu banyak mahasiswanya,” ujar Sutjidra.

Sementara, Wakil Ketua Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama STAHN Mpu Kuturan Ida Bagus Wika Krishna menyebutkan kerja sama ini akan menekankan pendidikan untuk mahasiswa. Ini dibutuhkan karena kampus adalah jembatan bagi mahasiswa untuk mengembangkan sisi kemanusiaannya dalam kehidupan bermasyarakat ke depan. Apalagi di tengah-tengah pandemi Covid-19 ini, mahasiswa yang tergabung dalam KSR PMI Unit STAHN Mpu Kuturan bersama markas PMI bergerak. Utamanya dalam penanganan Covid-19.

“Tentu saja dalam pengembangannya akan rutin menjalankan diklatsar untuk pendidikan calon-calon relawan bagi kami di kampus. Kerja sama ini tentunya akan berjalan terus dari tahun ke tahun,” sebutnya.

Baca Juga :  Ditabrak Mobil, Pemotor di Buleleng Meregang Nyawa

Di sisi lain, Pejabat Sementara (Pjs) Ketua STIKES Rana Wijaya Dwi Oktavyanti S. mengatakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang akan diterapkan dalam kerja sama ini adalah pengabdian pada masyarakat. Pihaknya akan rutin menggelar donor darah yang nantinya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat yangg membutuhkan. Selain itu, penelitian khususnya  dalam bidang edukasi masyarakat untuk membantu sesama juga akan dilakukan.

“Itu termasuk tugas kami. Selain pendidikan, juga pengabdian dan penelitian kepada masyarakat khususnya di Buleleng sendiri,” pungkasnya.(adv/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News