Ngodak
Wabup Suiasa saat menghadiri rangkaian Karya Ngodak Tapakan Ratu Gede Landung, Pura Dalem Tungkub, Br. Sila Dharma, Desa Mengwitani, Kecamatan Mengwi, Selasa (12/1/2021). Sumber Foto : Humas Badung

Panitia Pembangunan Pura Dalem Tungkub, Komang Artina Putra menyampaikan, dudonan Karya Ngodak Tapakan telah dimulai sejak 14 Desember 2020 dengan upacara Nunas Ica. Untuk puncak karya juga telah terlaksana pada 29 Desember lalu. Dilanjutkan Ngunya Desa pada 1 Januari 2021, dan hari ini merupakan tutug 12 hari karya.

Ngodak Tapakan mendapat bantuan melalui dana APBDes Perubahan 2020 sebesar Rp286 juta. Sedangkan Karya ngeratep, pasupati dan padudusan agung menghabiskan biaya kurang lebih Rp250 juta yang bersumber dari krama pengempon dan dana punia.

Baca Juga :  Rektor Unud Terima Audiensi Jajaran AMSI Bali, Dukung Kolaborasi untuk Sebarkan Informasi Baik

Dijelaskan, Pura Dalem Tungkub merupakan Pura Peletan yang diempon 27 KK. Pujawali dilaksanakan setiap setahun sekali bertepatan dengan purnama kapat. Rencana program pembangunan di pura dalem tungkub, pada tahun 2022-2023 direncanakan pembangunan dapur dan toilet di jaba tengah, termasuk bale kulkul, apit surang, candi bentar dan tembok penyengker. Tahun 2025 direncanakan karya ngenteg linggih.

“Besar harapan kami Pemkab. Badung bersama DPRD Badung dapat membantu sehingga rencana pembangunan pura dapat berjalan dengan baik,” harapnya. (humas-bdg/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News