Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

“Kawasan Badung Utara harus kita tetap jaga sebagai kawasan konservasi. Kita akan tanam Pohon Loa maupun Pule sebagai penghasil air di beberapa kawasan. Selain itu kita juga akan mengembangkan sentra pertanian dan peternakan di wilayah ini dengan mendatangkan para ahli dari Universitas Udayana, sehingga akan terjadi transformasi dan transfer teknologi untuk merubah pertanian tradisional menuju pertanian modern. Itulah mengapa kita bangun Agro Techno Park di Belok karena ini akan kita manfaatkan sebagai laboratorium pertanian,” tambahnya.

Baca Juga :  Manjakan Diri di Mamaka by Ovolo, Bersantai dan Nikmati Senja yang Spektakuler

Sementara itu peneliti bambu dari Universitas Udayana Pande Ketut Diah Kencana, didampingi pihak PT. Sampoerna dan Pupuk Surabaya menyampaikan budidaya bambu dalam konservasi lingkungan melalui penanaman pohon Bambu Tabah adalah salah satu upaya untuk mengatasi krisis sumber daya air dan lahan kritis yang terjadi di Bali khususnya di Kabupaten Badung. Melalui program RESIC telah menghibahkan 2.000 bibit Bambu Tabah yang akan ditanam di wilayah aliran Sungai Ayung di Desa Belok Sidan dengan 2 periode penanaman.

“Tanaman bambu banyak menghasilkan serasah sehingga sangat berguna dalam perbaikan sifat hidrologis tanah. Bambu Tabah dipilih karena merupakan salah satu tanaman yang mampu melindungi ekosistem perairan DAS Ayung serta memiliki nilai ekonomis. Akar bambu termasuk akar serabut dapat mengikat tanah dengan baik dan membuat ruang pada mata air baru sehingga mampu melindungi tanah untuk mereduksi potensi erosi yang terjadi. Tanah yang terlindungi akan menjamin terjaganya kapasitas penyimpanan air sehingga menurunkan limpasan memperbesar infiltrasi dan tampungan air,” terangnya.

Acara turut dihadiri oleh Plt. Asisten Ekonomi dan Pembangunan AA Bayu Kumara, Kadis Pertanian dan Pangan I Wayan Wijana, Sekretaris DLHK Putu Thomas Yuniarta, Kabag Pembangunan AA Mas Agung, Camat Petang Wayan Darma serta masyarakat Br. Sidan, Desa Belok/Sidan.(humas-bllng/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News